SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 6. Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema : 1. Masyarakat Peduli Lingkungan
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (maksimal)
Hari/ tanggal : Selasa, 4 Januari 2022
Kompetensi Dasar
Matematika
3.5 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data.
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.2 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahanka kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera
4.2 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video dan penjelasan dari Bapak/ibu guru peserta didik dapat menentukan modus dari suatu data dalam bentuk tabel atau diagram; Menjelaskan makna proklamasi bagi Bangsa Indonesia.
Kegiatan 1
Ananda yang hebat, apakah Kalian sudah menerima rapor semester 1? Mudah-mudahan Kalian mendapatkan hasil yang baik, ya. Semester 2 ini, adalah saat yang tepat bagi Kalian untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah. Ujian sekolah SD akan dilaksanakan pertengahan bulan April 2022. Jadi, Kalian akan belajar efektif hanya tiga bulan. Bapak berharap kalian dapat menggunakan waktu belajar ini dengan baik. Apakah kalian pernah mengikuti pemilihan ketua kelas? Mungkin diantara kalian ada yang pernah menjadi calon ketua kelas, atau bahkan kalian ada yang tepilih sebagai ketua kelas. Pada pemilihan ketua kelas secara voting (dipilih langsung oleh warga kelas), pemenangnya adalah yang mendapatkan suara terbanyak dari semua pemilih. Di dalam pengolahan data, suara terbanyak biasa disebut dengan modus. Bagaimanakah cara menentukan modus dalam pengolahan data tabel dan diagram? Untuk mengetahui hal tersebut silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ewTPhrbrHHM
Untuk lebih jelas lagi, dengarkan juga penjelasan dari Bapak/Ibu guru ya. Sebagai evaluasi kerjakan latihan soal pada lampiran RPP di bawah ini. Kerjakan dengan teliti dan bersungguh-sungguh ya. Bila sudah selesai, laporkan kepada Bapak/Ibu guru. Terima kasih Kepada Ananda semua yang mengerjakan dengan tekun dan bersemangat. Salam sehat dan semangat!!!
Kegiatan 2
Ananda yang hebat, masih ingatkah Kalian, siapakah proklamator kemerdekaan Negara Indonesia? Ya, betul, Mereka adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, telah menggetarkan pihak penjajah Jepang dan Belanda. Pihak Jepang yang kalah perang dari Pihak Sekutu (Amerika Serikat) tidak dapat menolak keinginan rakyat Indonesia untuk merdeka. Sedangkan Belanda yang menang perang merasa berhak untuk menguasai kembali Indonesia, sehingga dengan segala cara Belanda ingin kembali menguasai Indonesia. Namun, semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia telah tertanam di jiwa Bangsa dan Rakyat Indonesia, sehingga seluruh rakyat melakukan perlawanan kepada Belanda. Apakah makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia, sehingga bisa membangkitkan semangat perjuangan? Untuk mengetahui hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=FaO8rE2ETlQ
Sebagai evaluasi jawablah pertanyaan pada lampiran RPP di bawah ini.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu tentang Kewajiban warga negara.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Bvgic31MpPw
Persiapkan diri kalian!
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Lampiran soal Matematika
1. Diketahui delapan mobil sedang melaju di jalan raya. Kecepatan delapan mobil tersebut berturut-turut adalah 60, 80, 70, 50, 60, 70, 45, 75
Tentukan modus kecepatan mobil tersebut.
2. Ada sepuluh orang siswa dijadikan contoh. Kemudian, siswa-siswa tersebut diukur tinggi badannya dalam cm. Hasilnya adalah sebagai berikut. 172, 167, 180, 170, 169, 160, 175, 165, 173, 170,
Tentukan modus dari data di atas!
3. Delapan orang siswa memiliki nilai ujian sebagai berikut. 77, 62, 72, 54, 76, 57, 81, 70
Tentukan modus nilai siswa!
4. Ibu membeli 3 buah apel, 2 buah mangga, 11 buah pisang sisir.
Berapa modus dari buah-buah tersebut!
Latihan soal Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Sebutkan tokoh-tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia!
2. Jelaskan makna proklamasi kemerdekaaan bagi Bangsa Indonesia!
3. Bagaimana cara menerapkan makna proklamasi di kehidupan sehari-hari?
4. Jelaskan kewajiban Bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan?
5. Jelaskan apa saja yang dapat Kamu lakukan untuk mengisi kemerdekaan?
0 comments:
Posting Komentar