SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 2 (Dua)
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalamanku di Rumah
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu: 5 x 35 menit
Hari/ tanggal : Selasa, 4 Januari 2022
Kompetensi Dasar
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu dan alat musik perkusi yang tersedia
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu dan alat musik perkusi yang tersedia
Bahasa Indonesia
3.3 Memahami puisi anak dalam bahasa Indonesia atau Bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan
4.3 Membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan peserta didik dapat menyanyikan lagu anak dengan panjang pendek bunyi yang sesuai; menjelaskan makna kata pada puisi anak; menggunakan alat ukur panjang baku dengan semangat dan percaya diri.
Kegiatan 1
Anak-anak kemarin sudah menceritakan pengalaman liburan bersama keluarga pada masa kebiasaan baru pandemi Covid-19.
Setiap orang memiliki pengalaman. Pengalaman dapat diperoleh di mana saja. Seperti di rumah, sekolah, dan tempat bermain. Pengalaman juga dapat diperoleh di tempat wisata.
Hari ini kita akan mengetahui pengalaman Beni saat liburan bersama keluarganya di rumah.
Banyak hal yang dilakukan Beni bersama keluarganya. Seperti apa ya pengalaman Beni? Ayo saksikan video berikut!
Sumber : https://youtu.be/SEMBrm9Wpt8
Beni dan keluarga menyanyikan lagu Paman Datang saat rindu dengan pamannya.
Coba kamu nyanyikan lagu Paman Datang dengan panjang pendek nada yang sesuai!
Lakukan dengan semangat dan percaya diri ya, Nak! Ingat! Tetap gunakan maskermu, ya.
Kegiatan 2
Pada video yang telah kamu saksikan sebelumnya, terdapat puisi tentang alam.
Pilihan kata dalam puisi kias, padat, dan indah.
Untuk mengetahui pemahamanmu, pasangkan kata-kata berikut dengan artinya!
Beni juga telah menunjukkan cara mengukur benda menggunakan penggaris. Bisakah kamu melakukannya?
Coba ukurlah benda-benda di sekitarmu menggunakan penggaris! Tuliskan dalam tabel berikut!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Klik tautan berikut untuk mengetahui materinya!
https://drive.google.com/file/d/1r7ZQLzMDPvKpEuL4Bbp0 K1ZnwVY6rytO/view?usp=sharing
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar