SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 5. Cuaca
Subtema : 1. Keadaan Cuaca
Pembelajaran : 1
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 6 JP
Hari/Tanggal : Selasa, 4 Januari 2022
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
Matematika
3.5 Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.5 Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifatsifat yang dimiliki
SBDP
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi pola irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca teks peserta didik dapat memberikan saran baik dengan tepat; Dengan menyimak video peserta didik dapat menemukan macam-macam bangun datar di sekitarnya dengan tepat; Dengan menyanyikan sebuah lagu peserta didik dapat menentukan pola irama dalam lagu tersebut dengan benar.
Kegiatan 1
Anak-anak, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda atau Teman/teman untuk belajar ya.
Hari pertama kemarin kita sudah melaksanakan beberapa kegiatan berkaitan dengan libur semester 1 dan pesan serta harapan kalian di tahun 2022 ini. Semoga harapan kalian dapat terwujud. Aamiin
Nah, selanjutnya kita memasuki pembelajaran di Semester 2 ini tentunya dengan suka cita ya, agar setiap proses pembelajaran yang kita lalui mendapatkan keberkahan dan ilmu yang kalian terima pun dapat kalian ingat dan pahami serta bermanfaat dikemudian hari.
Selanjutnya kalian perhatikan dan baca teks tulis yang sudah disediakan (Terlampir). Kemudian kalian tuliskan saran baik apa yang berkaitan dengan teks tulis tersebut.
Laporkan secara langsung kepada Bapak/Ibu Guru.
Anak-anak bekerjalah secara mandiri dalam mengeksplorasi kemampuan diri membuat cerita pengalaman liburan ini ya. \
Kegiatan 2
Ternyata kalian hebat ya dalam menuliskan saran baik berkaitan dengan teks tulis.
Apakah kalian sudah mengetahui bangun datar? Bangun datar adalah sebuah bidang datar yang dibatasi oleh garis lurus atau garis lengkung.
Seperti pada teks tulis sebelumnya, panas itu disebabkan oleh pancaran sinar matahari, kira-kira matahari bentuknya menyerupai bangun datar apa ya? Klik tautan di bawah ini yuk untuk mengetahuinya.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=7qQ0gum4IrY
Bagaimana, sudah mengetahuinya kan sekarang? Selanjutnya kalian buat macam-macam bangun datar menggunakan kertas berwarna/origami dan tempelkan pada buku/kertas kosong.
Kemudian kalian laporkan kepada Bapak/Ibu Guru.
Nah, untuk melengkapi kegiatan hari ini dan melatih kekompakkan kalian, maka selanjutnya kalian secara bersama-sama menyanyikan lagu seperti di bawah ini yuk! Klik tautan di bawah ini
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=utzMH_RFckk
Ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru atau Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok!
#salamsehat
#salamkompak
#salamsemangat
Lampiran Bahasa Indonesia
Udin dan Beni bermain bola di lapangan. Udara sore itu terasa sejuk. Angin bertiup sepoi-sepoi. Mereka asyik bermain. Tiba-tiba, langit berubah mendung. Awan hitam menutupi matahari. Udin masih tetap ingin bermain bola. Langit makin gelap. Angin bertiup kencang. Hujan rintik-rintik mulai turun. Udin dan Beni berlari. Mereka mencari tempat untuk berteduh. Keadaan cuaca memang sering berubah-ubah. Pagi hari, cuaca terasa dingin. Saat siang hari, cuaca terasa sangat panas. Sore hari, cuaca terasa dingin. Angin bertiup lebih kencang. Hujan mulai reda. Beni dan Udin bergegas pulang ke rumah. Mereka membersihkan diri dengan mandi air hangat. Badan mereka kembali terasa segar. Cuaca malam hari terasa lebih dingin. Udara malam sehabis hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan aktivitas dengan belajar.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar