SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 6 (Cita-Citaku)
Subtema : 1 (Aku dan Cita-Citaku)
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 210 menit
Hari/ tanggal : Senin, 3 Januari 2022
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pengalaman peserta didik dapat menulis harapan; menceritakan pengalaman liburan diri dan keluarga pada masa pandemi covid-19 dengan semangat dan percaya diri.
Kegiatan 1
Tahun baru semangat baru.
Belajar dalam kebiasaan baru.
Bersama bapak ibu guru.
Mengukir presatasi semakin seru.
Yeay, anak-anak hebat sudah kembali ke sekolah dan bisa belajar di kelas masing-masing bersama semua teman-teman.
Hari ini juga anak-anak akan dibagikan rapot hasil belajar kalian di semester 1. Jadikan nilai kalian sebagai pemacu semangat untuk mengukir prestasi yang lebih baik.
Selalu ada harapan di tahun baru. Bagaimana dengan harapan anak-anak? Apa saja harapan kalian di tahun ini?
Yuk, kita tuliskan dalam selembar kertas (boleh kertas origami, hvs, karton, dll), kemudian kita tempel di kelas, agar anak-anak tambah semangat untuk mewujudkan harapan kalian.
Selamat menulis harapan anak-anak hebat!
Kegiatan 2
Selalu ada cerita di setiap masa, tadi anak-anak sudah menulis harapan di tahun ini. Nah, sekarang kita akan berbagi cerita kepada teman-teman.
Cerita liburan anak-anak bersama keluarga pada masa kebiasaan baru pandemi covid-19.
Tulis dibuku kalian ya nak!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Esok kita akan belajar tentang unsur puisi dan siklus hidup makhluk hidup. Persiapkan diri kalian!
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar