SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 6 (Cita-Citaku)
Subtema : 1 (Aku dan Cita-Citaku)
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 210 menit
Hari/ tanggal : Selasa, 4 Januari 2022
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.3 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
IPA
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup.
4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri puisi, membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup di lingkungan sekitaranya dengan teliti dan percaya diri.
Kegiatan 1
Anak hebat, hari ini kita akan belajar tentang puisi ya. Pasti Ananda pernah membaca puisi kan? Puisi memiliki berbagai unsur diantaranya: ada tema, diksi, baris dan bait, serta irama dan rima.
Apa yang dimaksud dengan unsur puisi tersebut, mari kita simak dalam penjelasan video dan penjelasan materi pada link di bawah ini!
Sumber : https://youtu.be/UWqNMRDxLiI
Penjelasan materi tambahan bisa di baca pada link di
bawah ini!
Bagaimana anak hebat, banyak juga ternyata unsur puisi ya.
Sekarang silahkan perhatikan puisi yang ada pada buku tema 6 halaman 4, atau bisa juga dilihat pada lampiran di bawah ini!
Silahkan tuliskan tugas hari ini pada buku tulismu dan serahkan pada bapak/ibu gurumu ya!
Selamat mengerjakan anak hebat!
Kegiatan 2
Adakah dari kalian yang bercita-cita sebagai dokter hewan? Kegiatan utama sehari-hari seorang dokter hewan adalah membantu mengobati dan memberikan perawatan terhadap hewan yang sakit.
Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah? Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewanhewan peliharaan itu mempunyai anak?
Hewan mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anak-anak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan dengan membacanya melalui tautan berikut!
Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar
Buatlah kesimpulan tentang tahapan siklus hidup hewan! Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian serahkan pada bapak/ibu gurumu ya!
Besok kita akan belajar yang lebih seru lagi yaitu tentang metamorfosis. Link materi
Sumber : https://youtu.be/6hDfgJ8t-kc
Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa!
Sampai jumpa besok!
Lampiran:
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) UNSUR-UNSUR PUISI
Nama kelompok:……………………………………………………………………
Petunjuk:
1. Buatlah kelompok yang terdiri sari 2 orang 2.
Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut anggota lainnya memperhatikan temannya membaca puisi. Perhatikan puisi di bawah ini!
Cita-Citaku:
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu
Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan Lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapai cita-citaku
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
a. Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpula kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b. Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
c. Tuliskan bunyi vocal dari kata terakhir setiap baris!
d. Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vocal kata terakhir dalam setiap baris?
e. Tunjukkan keteraturan itu!
3. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!
Ciri-ciri puisi sebagai berikut: ………………………………………………………………………………………………………............. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar