Senin, 03 Januari 2022

RPP Kelas 4, Selasa 4 Januari 2022

SKENARIO PEMBELAJARAN 

Kelas : 4 (Empat) 

Tema : 6 (Cita-Citaku) 

Subtema : 1 (Aku dan Cita-Citaku) 

Semester : II (Genap) 

Alokasi Waktu : 210 menit 

Hari/ tanggal : Selasa, 4 Januari 2022


Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 

3.3 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 

4.3 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.


IPA 

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup. 

4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya.


Tujuan Pembelajaran 

Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri puisi, membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup di lingkungan sekitaranya dengan teliti dan percaya diri. 


Kegiatan 1

Anak hebat, hari ini kita akan belajar tentang puisi ya. Pasti Ananda pernah membaca puisi kan? Puisi memiliki berbagai unsur diantaranya: ada tema, diksi, baris dan bait, serta irama dan rima.

Apa yang dimaksud dengan unsur puisi tersebut, mari kita simak dalam penjelasan video dan penjelasan materi pada link di bawah ini!


Sumber : https://youtu.be/UWqNMRDxLiI

Penjelasan materi tambahan bisa di baca pada link di bawah ini!    

https://tinyurl.com/2p9bkctk

Bagaimana anak hebat, banyak juga ternyata unsur puisi ya.

Sekarang silahkan perhatikan puisi yang ada pada buku tema 6 halaman 4, atau bisa juga dilihat pada lampiran di bawah ini!

Silahkan tuliskan tugas hari ini pada buku tulismu dan serahkan pada bapak/ibu gurumu ya! 

Selamat mengerjakan anak hebat!  


Kegiatan 2

Adakah dari kalian yang bercita-cita sebagai dokter hewan? Kegiatan utama sehari-hari seorang dokter hewan adalah membantu mengobati dan memberikan perawatan terhadap hewan yang sakit.

Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah? Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewanhewan peliharaan itu mempunyai anak?

Hewan mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anak-anak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan dengan membacanya melalui tautan berikut!

https://tinyurl.com/y5cf8gwc

Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut! 

Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar

Buatlah kesimpulan tentang tahapan siklus hidup hewan! Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian serahkan pada bapak/ibu gurumu ya!

Besok kita akan belajar yang lebih seru lagi yaitu tentang metamorfosis. Link materi


Sumber : https://youtu.be/6hDfgJ8t-kc

Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! 

Sampai jumpa besok!  


Lampiran: 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK 

(LKPD) UNSUR-UNSUR PUISI 

Nama kelompok:…………………………………………………………………… 

Petunjuk: 

1. Buatlah kelompok yang terdiri sari 2 orang 2. 

Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut anggota lainnya memperhatikan temannya membaca puisi. Perhatikan puisi di bawah ini! 

Cita-Citaku: 

Anganku melayang ke masa depan 

Aku ingin menjadi seorang guru 

Guru adalah pejuang ilmu di garis depan 

Guru tanpa pamrih berbagi ilmu 


Aku akan berusaha mencapai cita-cita 

Tak kan Lelah aku mencari ilmu 

Tak kan aku berpangku tangan saja 

Demi tercapai cita-citaku 

Jawablah pertanyaan di bawah ini! 

a. Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpula kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris? 

b. Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian? 

c. Tuliskan bunyi vocal dari kata terakhir setiap baris! 

d. Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vocal kata terakhir dalam setiap baris? 

e. Tunjukkan keteraturan itu! 

3. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini! 

Ciri-ciri puisi sebagai berikut: ………………………………………………………………………………………………………............. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………..


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar