Kelas : VI (Enam)
Tema : 2. Persatuan Dalam Perbedaan
Sub Tema : 2. Bekerja sama Mencapai Tujuan
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat membuat kerangka teks pidato; menjelaskan gerakan dan pola lantai tari Merak dengan tepat.
Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb., Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.
Hari ini Ananda akan mempelajari tentang kerangka teks pidato. Tahukah Ananda tujuan dari kerangka teks pidato? Iya, betul! Kerangka teks pidato bertujuan untuk mengatur keselarasan dalam penyampaian pidato mulai dari pembukaan (salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur), isi pidato dan penutup. Tanpa adanya kerangka teks pidato, tidak akan ditemukan penyampaian yang baik dan teratur pada teks pidato. Di sisi lain, kerangka teks pidato bertujuan agar pendengar mudah untuk menangkap dan memahami pidato yang sedang dibacakan.
Bagaimana cara membuatkerangka pidato? Agar Ananda lebih memahaminya, silakan Ananda simak penjelasannya pada materi berikut:
Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami tentang cara membuat kerangka teks pidato.
Sebagai evaluasi, Buatlah sebuah kerangka pidato dengan tema Persatuan dalam Kemerdekaan. Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui WA.
Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Kegiatan 2
Tari Merak merupakan salah satu contoh tari berkelompok yang berasal dari Jawa Barat. Oleh karena itu, dalam penampilan tari merak dibutuhkan kerja sama antar penari untuk mencapai tujuan, yaitu menghasilkan sebuah karya tari yang indah dan kompak. Pola lantai yang digunakan dalam tari merak adalah pola lantai horisontal, diagonal dan melingkar. Pada gerakan apa saja pola lantai tersebut?
Agar Ananda lebih memahaminya, silakan Ananda simak tayangan pada link video berikut:
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=-9_0HhhRt8I
Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada
video tersebut, mudah dipahami bukan? Sebagai
evaluasi, kerjakanlah soal-soal di bawah ini!
1. Siapakah pencipta tari Merak?
2. Jelaskan gambaran tentang tari Merak?
3. Sebutkan pola lantai pada tari Merak?
4. Apa perbedaan gerakan kedua dan gerakan ketiga
pada tari Merak?
5. Menurutmu, apakah kita perlu mempelajari tari
Merak? Mengapa demikian?
Tulislah jawaban Ananda di buku dengan tulisan yang rapi ya. Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru melalui WA dalam bentuk rekam suara/voice note.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu mengenai Manfaat Persatuan Untuk NKRI. Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Salam!!!.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar