Minggu, 22 Agustus 2021

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas 6, Senin 23 Agustus 2021

 


Kelas : 6 (enam)

Tema : 2. Persatuan dalam perbedaan

Sub Tema : 3. Bersatu Kita Teguh


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menyelesaikan masalah dengan operasi hitung campuran bilangan cacah; menganalisis upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera dalam mengisi kemerdekaan


Kegiatan 1

Ananda yang hebat, Minggu yang lalu Ananda sudah belajar bagaimana menyelesaikan masalah dengan operasi hitung campur bilangan cacah.

Pada pembelajaran hari ini, kita akan kembali memperdalam pengetahuan dan keterampilan kita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan operasi hitung campur bilangan cacah. Harapannya dengan mempelajari kembali, pemahaman Ananda lebih kuat. Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? Sebagai evaluasi, silakan Ananda kerjakan latihan soal pada lampiran di bawah, ya! . Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Gurumu. 

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani Ananda sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.


Kegiatan 2

Indonesia saat ini telah merayakan kemerdekaannya yang ke 76 tahun. Dengan semangat persatuan dan kesatuan, Bangsa Indonesia telah menjadi bangsa yang merdeka dan berpengaruh bagi kehidupan masyarakat di dunia. Sesuai dengan pepatah „Bersatu Kita Teguh, bercerai kita runtuh“. 

Tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 harus di laksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Salah satu tujuan negara adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Bagaimanakah upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera dalam mengisi kemerdekaan? Apa saja yang menjadi program pemerintah? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? Sebagai evaluasi, kerjakanlah soal-soal di bawah ini!

1. Bagaimana keadaan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan?

2. Jelaskan Tujuan negara Indonesia yang ada dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 !

3. Jelaskan program pemerintah dalam bidang pendidikan!

4. Apa saja tujuan program pemerintah dalam bidang transportasi?

5. Apakah program pemerintah saat ini sudah berjalan dengan baik? Jelaskan alasanmu!

6. Apakah pepatah semboyan „bersatu kita teguh bercerai kita runtuh‘ bisa diterapkan di lingkungan sekolah? Berikan contohnya!

Tulis di buku tulismu. Kerjakan dengan tekun, teliti, dan bertanggung jawab. Terimakasih kepada Ananda yang selalu mengirimkan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani Ananda sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. 

Ananda yang hebat pembelajaran hari ini telah usai, Hari Selasa nanti kita akan belajar yang lebih seru yaitu tentang pola lantai pada gerak tari daerah.


Pelajari dan diskusikan dengan Ayah/Bunda ya.

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Sampai jumpa. Wassalamualaikum wr.wb.




Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


0 comments:

Posting Komentar