Minggu, 08 Agustus 2021

BDR Senin, 9 Agustus 2021 Kelas 4

 


Kelas : IV

Tema : 2. Selalu Berhemat Energi

Sub Tema : 1. Sumber Energi


Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca, peserta didik dapat menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi dengan mandiri. Melalui pengamatan, peserta didik dapat menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang energi angin dengan kreatif.


Kegiatan 1 

Anak-anak hebat, apakah kalian pernah bermain kincir angin? Tahukah kamu apa yang membuat kincir itu bergerak? Ya, baling-baling pada kincir angin dapat bergerak jika terkena angin. Nah, untuk mengetahui secara langsung cara kerja dari kincir angin, kita akan lakukan suatu pengamatan pada kincir angin yang terbuat dari kertas. Sebelumya kita buat terlebih dahulu kincir anginnya yuk! Simak pada tayangan berikut!


Sumber : https://youtu.be/F7tmaMjAZfo

Sekarang waktunya kalian membuatnya! Mintalah bantuan ayah/bunda untuk mendampingimu ya! Kalau sudah selesai, saatnya kamu melakukan percobaan berikut ini! Bawalah kincir anginmu yang terbuat dari kertas ke tempat terbuka. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari atau ditiup! Selanjutnya jawablah pertanyaan di bawah ini! 

  1. Mengapa kincir angin dapat berputar? Apa sumber energi pada kincir tersebut?
  2. Tiuplah kincir dengan pelan, kemudian tiuplah kincir dengan kencang! Apakah terdapat perbedaan? Jelaskan!
  3. Buatlah laporan hasil percobaanmu pada tabel seperti berikut ini! 


4. Tuliskanlah manfaat kincir angin yang kamu ketahui dalam kehidupan sehari-hari!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya! Kirimkan juga video/foto ketika kamu melakukan percobaan tersebut!


Kegiatan 2

Salah satu manfaat kincir angin yaitu dapat dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Ayo kita cari tahu dengan membaca teks berikut ini!


Anak-anak hebat, dari teks tersebut kita bisa menggali informasi penting yang terdapat di dalamnya. Kalian bisa menggunakan kata tanya apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana. Gunakanlah kata tanya sesuai informasi yang terdapat pada setiap paragrafnya ya! Tuliskanah pada kolom seperti berikut ini!


Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya! 

Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu berbagai bentuk pecahan dan informasi pada teks non fiksi. Berikut materi berbagai bentuk pecahan:


Pelajari dulu ya, untuk bahan diskusi. Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!

0 comments:

Posting Komentar