Kelas : IV
Tema : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 1. Sumber Energi
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi dengan mandiri. Melalui pengamatan, peserta didik dapat menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang energi angin dengan kreatif.
Kegiatan 1
Anak-anak hebat, apakah kalian pernah bermain kincir angin? Tahukah kamu apa yang membuat kincir itu bergerak? Ya, baling-baling pada kincir angin dapat bergerak jika terkena angin. Nah, untuk mengetahui secara langsung cara kerja dari kincir angin, kita akan lakukan suatu pengamatan pada kincir angin yang terbuat dari kertas. Sebelumya kita buat terlebih dahulu kincir anginnya yuk! Simak pada tayangan berikut!
Sekarang waktunya kalian membuatnya! Mintalah bantuan ayah/bunda untuk mendampingimu ya! Kalau sudah selesai, saatnya kamu melakukan percobaan berikut ini! Bawalah kincir anginmu yang terbuat dari kertas ke tempat terbuka. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari atau ditiup! Selanjutnya jawablah pertanyaan di bawah ini!
- Mengapa kincir angin dapat berputar? Apa sumber energi pada kincir tersebut?
- Tiuplah kincir dengan pelan, kemudian tiuplah kincir dengan kencang! Apakah terdapat perbedaan? Jelaskan!
- Buatlah laporan hasil percobaanmu pada tabel seperti berikut ini!
0 comments:
Posting Komentar