Kelas : 2 (Dua)
Tema : 2. Bermain di Lingkunganku
Sub Tema : 3. Bermain di Lingkungan Sekolah
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat menyelesaikan masalah pembagian sebagai pengurangan berulang dengan percaya diri; dan membuat karya tiga dimensi (kapal pembagian) dengan mandiri.
Kegiatan 1
Hai! Assalamualaikum.
Apa kabar, Nak? Tetap semangat belajar di rumah!
Anak-anak, kemarin kamu telah belajar mengenai aturan di sekolah dan cerita dengan kosakata tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
Hari ini kita akan menyelesaikan masalah pembagian sebagai pengurangan berulang dengan media congklak.
Apakah kamu sudah siap?
Mari saksikan video berikut!
Setelah menyaksikan videonya, kerjakan latihan berikut.
Jika ada, kamu bisa menggunakan congklak.
Hitunglah hasil dari pembagian berikut!
1. 24 : 3 = (… - … - … - … - … - … - … - … - …) = …
2. 28 : 4 = (… - … - … - … - … - … - … - … ) = …
3. 32 : 8 = (… - … - … - … - …) = …
4. 35 : 7 = (… - … - … - … - … - …) = …
Kirimkan hasilnya ke Ibu/Bapak guru ya, Nak.
Kegiatan 2
Hari ini kita juga akan membuat karya tiga dimensi, yaitu kapal pembagian. Sebelumnya, kamu harus menyiapkan alat dan bahannya, yaitu:
1. Kardus bekas
2. Gelas plastik bekas (10), jika tidak ada bisa menggunakan plastik bening.
3. Sedotan
4. Gunting
5. Double tape
6. Selotip
Bagaimana ya cara membuatnya? Ayo saksikan video berikut!
Ayo buat kapal pembagianmu!
Kita akan menghias kapal pembagian ini pada pembelajaran berikutnya, jadi disimpan baik-baik ya, Nak.
Jangan lupa kirim fotonya ke Ibu/Bapak guru.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Nah, untuk melihat apa yang akan kita pelajari besok, kalian bisa klik tautan berikut.
https://drive.google.com/file/d/11wYA04-kCZzQ4xpNPs_hBw8Qd2LQTFzw/view?usp=sharing
Rapikan kembali tempat belajarmu!
Mari akhiri kegiatan dengan doa.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar