Selasa, 31 Agustus 2021

RPP Kelas 6, Rabu 1 September 2021


Kelas : 6 (Enam)

Tema : 3. Tokoh dan Penemuan

Sub Tema : 1. Penemu yang Mengubah Dunia


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menemukan informasi dari teks eksplanasi; Menyajikan informasi dari teks eksplanasi dalam bentuk diagram dan menyanyikan lagu daerah dengan interval nada yang tepat.


Kegiatan 1

Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.

Apakah Ananda suka menonton televisi? Tahukah Ananda siapa penemunya? Penemu televisi adalah

John Logie Baird yang berasal dari Skotlandia. Ia adalah orang yang untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Teks yang menjelaskan perjalanan Baird dalam menciptakan sebuah televisi merupakan sebuah teks eksplanasi. Kita dapat memperoleh informasi proses peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan juga lainnya dari sebuah teks eksplanasi. Bagaimana caranya kita menemukan informasi dari sebuah teks eksplanasi? Agar Ananda lebih memahaminya, silakan Ananda simak penjelasannya pada materi berikut:


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami dalam menemukan informasi dari teks eksplanasi.

Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada akhir video pembelajaran. Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu Guru melalui WA.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.


Kegiatan 2

Anak-anak hebat, Apakah Ananda suka menyanyi? Menyanyi dapat membuat kita merasa terhibur dan senang. Sebuah nyanyian terdengar indah karena adanya nada. Nada adalah bunyi yang beraturan, serta memiliki frekuensi tunggal tertentu. Di dalam teori musik, tiap nada punya tinggi nada atau tala tertentu yang berdasarkan frekuensinya maupun berdasar jarak relatif tinggi nada tersebut dengan tinggi nada patokan. Nada satu ke nada yang lain memiliki jarak yang berbeda. Jarak antarnada disebut dengan interval nada. Bagaimana caranya agar kita menyanyi dengan interval nada yang tepat? Silakan Ananda simak tayangan pada link video berikut:


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami cara menyanyi dengan interval nada yang tepat.

Tugas selanjutnya, Silakan Ananda menyanyikan sebuah lagu daerah dengan menggunakan interval nada yang tepat. Kirimkan hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk video.

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, tetapi Ananda tidak boleh lupa, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu mengenai Kewajiban dan Tanggung Jawab Warga Negara. Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:


Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


0 comments:

Posting Komentar