Kelas : IV
Tema : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 3. Energi Alternatif
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat. Peserta didik dapat menentukan gagasan pokok pada teks atau gambar dan menggali pengetahuan baru pada teks nonfiksi. Peseta didik dapat menjelaskan berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi dan sumber energi alternatif. Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam. Peserta didik dapat menunjukkan tempo dan tinggi rendah nada.
Kegiatan 1
Indonesia
merupakan daerah tropis yang kaya akan hasil sumber daya alam. Salah
satunyaadalah singkong. Singkong merupakanjenis umbi-umbian, dengan akar dan
daun yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan.Selain itu, singkong juga
memiliki banyak manfaat lainnya bagi masyarakat. Untuk mengetahuinya lebih
lanjut, simak video berikut ini yuk!
Nah
selanjutnya, berdasarkan tayangan tersebut coba kalian jawab
pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.Singkong
adalah salah satu sumber daya alam yang baik untuk dikonsumsi. Apakah kamu
setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!
2.Apa
saja jenis makanan yang terbuat dari hasil olahan singkong?
3.Bagaimana
masyarakat memanfaatkan singkong untuk meningkatkan kesejahteraan?
4.Apa
saja jenis mata pencaharian yang berkaitan dengan pemanfaatan singkong sebagai
sumber daya alam?
5.Singkong
dapat diolah menjadi bioetanol karena tinggi karbohidrat. Tuliskanlah jenis
sumber daya alam lainnya yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif!
Kerjakanlah pada buku
tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru
Kegiatan 2
Anak-anak
hebat, tidak terasa kita sudah berada di akhir pembelajaran Tema 2. Kita dapat
mengambil pelajaran penting dari hal-hal yang telah kita pelajari dan
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga ilmu yang kita dapatkan
dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri, orang lain, dan lingkungan.
Selanjutnya,
untuk mengetahui lebih lanjut tentang penguasaan dan pemahamanmu tentang
pembelajaran yang telah kita lakukan, ayo kita kerjakan soal-soal penilaian
harian berikut ini!
PPKn:
https://forms.gle/8EpP8h2VQcqaVD6B8
Bahasa
Indonesia:
https://forms.gle/u64XY6xd7Mszzaz37
IPA:
https://forms.gle/VzgFY23eEABArAxX8
IPS:
https://forms.gle/yRTMmfNKYpkmfxHa9
SBdP:
https://forms.gle/QA7a5hii7YmLGygy7
Screenshoot
skornya, kemudian kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Anak-anak,pembelajaran
hari ini telah usai. Senin kita akan masuk ke Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk
Hidup. Untuk pembelajaran yang pertama kita akan belajar tentangtanaman padi
dan kenampakan alam, berikut materinya:
Pelajari
dulu ya, sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada
pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar