Kamis, 26 Agustus 2021

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas 4, Jum'at 27 Agustus 2021

 


Kelas : IV

Tema : 2. Selalu Berhemat Energi

Sub Tema : 3. Energi Alternatif


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat. Peserta didik dapat menentukan gagasan pokok pada teks atau gambar dan menggali pengetahuan baru pada teks nonfiksi. Peseta didik dapat menjelaskan berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi dan sumber energi alternatif. Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam. Peserta didik dapat menunjukkan tempo dan tinggi rendah nada.


Kegiatan 1

Indonesia merupakan daerah tropis yang kaya akan hasil sumber daya alam. Salah satunyaadalah singkong. Singkong merupakanjenis umbi-umbian, dengan akar dan daun yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan.Selain itu, singkong juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi masyarakat. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak video berikut ini yuk!


Nah selanjutnya, berdasarkan tayangan tersebut coba kalian jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.Singkong adalah salah satu sumber daya alam yang baik untuk dikonsumsi. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!

2.Apa saja jenis makanan yang terbuat dari hasil olahan singkong?

3.Bagaimana masyarakat memanfaatkan singkong untuk meningkatkan kesejahteraan?

4.Apa saja jenis mata pencaharian yang berkaitan dengan pemanfaatan singkong sebagai sumber daya alam?

5.Singkong dapat diolah menjadi bioetanol karena tinggi karbohidrat. Tuliskanlah jenis sumber daya alam lainnya yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif!

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru


Kegiatan 2

Anak-anak hebat, tidak terasa kita sudah berada di akhir pembelajaran Tema 2. Kita dapat mengambil pelajaran penting dari hal-hal yang telah kita pelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga ilmu yang kita dapatkan dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri, orang lain, dan lingkungan.

Selanjutnya, untuk mengetahui lebih lanjut tentang penguasaan dan pemahamanmu tentang pembelajaran yang telah kita lakukan, ayo kita kerjakan soal-soal penilaian harian berikut ini!

PPKn:

https://forms.gle/8EpP8h2VQcqaVD6B8

Bahasa Indonesia:

https://forms.gle/u64XY6xd7Mszzaz37

IPA:

https://forms.gle/VzgFY23eEABArAxX8

IPS:

https://forms.gle/yRTMmfNKYpkmfxHa9

SBdP:

https://forms.gle/QA7a5hii7YmLGygy7

Screenshoot skornya, kemudian kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!

Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai. Senin kita akan masuk ke Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Untuk pembelajaran yang pertama kita akan belajar tentangtanaman padi dan kenampakan alam, berikut materinya:


Pelajari dulu ya, sebagai bahan diskusi kita!

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.

Pasti seru!!! Salam!!!!


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar