Selasa, 17 Agustus 2021

RPP Rabu, 18 Agustus 2021 Kelas 6

 


Kelas : 6 (enam)

Tema : 2. Persatuan dalam perbedaan

Sub Tema : 2. Bekerja sama mencapai tujuan


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah; menganalisis perjuangan diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


Kegiatan 1

Ananda yang hebat, Apakah Ananda pernah membantu Ibu berbelanja ke pasar? Atau membantu Ayah berjualan di toko? Untuk menghitung barang dagangan atau menghitung banyak barang yang dibeli biasanya kita bisa gunakan operasi hitung campuran bilangan cacah.

Contoh, menghitung banyaknya pensil dalam dus yang dijual, atau menghitung sisa buku yang masih tersedia. Operasi hitung campuran bisa digunakan dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimanakah cara menggunakan operasi hitung campuran bilangan cacah dalam soal cerita? Untuk mendalami hal tersebut silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? Sebagai evaluasi, silakan Ananda kerjakan latihan soal pada bagian akhir video tersebut. 

Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu gurumu. 

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani Ananda sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.


Kegiatan 2

Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari pihak penjajah, tidaklah mudah. Diperlukan perjuangan dan pengorbanan rakyat dan tentara dengan mengangkat senjata maju ke medan pertempuran. Namun kekuatan senjata tentara Indonesia belumlah cukup untuk mengusir penjajah yang berpengaruh di dunia internasional. Negara Indonesia juga perlu mendapat dukungan Internasional untuk dapat diakui secara de facto dan de jure dari negara-negara lain. 

Untuk itu para pemimpin Bangsa Indonesia berjuang pula melalui jalur diplomasi atau perundingan. Bagaimana perjuangan diplomasi dan apa saja hasilnya? Untuk mengetahui hal tersebut, silakan simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.



Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? Sebagai evaluasi, kerjakanlah soal-soal di bawah ini!

1. Mengapa Pihak penjajah Belanda tidak dapat diusir hanya dengan peperangan?

2. Jelaskan tujuan utama tentara sekutu datang ke Indonesia!

3. Sebutkan 4 contoh perjuangan secara fisik dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia!

4. Jelaskan yang dimaksud perjuangan secara diplomasi!

5. Jelaskan hasil-hasil perundingan Linggarjati!

6. Perundingan apakah yang paling merugikan bagi pihak Indonesia? Jelaskan alasanmu!

7. Apakah perjuangan secara diplomasi bermanfaat bagi kemerdekaan Indonesia? Jelaskan alasanmu!


Tulis di buku tulismu. Kerjakan dengan tekun, teliti, dan bertanggung jawab. Terimakasih kepada Ananda yang selalu mengirimkan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani Ananda sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Ananda yang hebat pembelajaran hari ini telah usai, Hari Kamis nanti kita akan belajar yang lebih seru yaitu tentang membuat kerangka teks pidato.


Pelajari dan diskusikan dengan Ayah/Bunda ya.

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Sampai jumpa. Wassalamualaikum wr.wb.


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta



0 comments:

Posting Komentar