Kelas : III
Tema : 2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema : 4. Menyayangi Hewan
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menulikan informasi yang terkandung dalam teks dongeng “Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa” dengan tepat; peserta didik dapat menuliskan bentuk pecahan sesuai gambar dengan tepat; peserta didik dapat membuat karya mozaik berupa gambar wortel menggunakan teknik potong dengan kreatif.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Anak-anak, hari ini kita akan
belajar tentang pecahan sederhana, mengetahui informasi dalam dongeng dan
membuat karya seni moziak.
Apakah kamu masih ingat
bagaimana cara membuat karya seni mozaik?
Untuk mengingatnya,
simak video berikut!
Bagaimana, sudah mengingat
langkah-langkah membuat karya seni mozaik kan?
Nah setelah itu, buatlah karya
mozaik berupa gambar wortel dan berilah warna menggunakan potongan-potongan
kertas sesuai dengan kreatifitas kalian!
Kemudian minta tolong kepada
ayah/bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil karyamu kepada Bapak/Ibu guru!
Selanjutnya,
simak video berikut yuk! Untuk lebih mengetahui mengenai pecahan sederhana.
Pecahan sederhana adalah
pecahan yang pembilang dan penyebutnya merupakan bilangan bulat paling
sederhana dan sudah tidak dapat dibagi lagi.
Apakah kamu
sudah lebih memahami mengenai pecahan sederhana? Hebat!
Kegiatan 2
Pada video di kegiatan 1,
kalian sudah belajar tentang pecahan sederhana.
Sekarang, berlatih yuk,untuk
mengetahui pemahamanmu!
Kerjakan
dibuku tulismu ya, nak!
Setelah itu, tuliskan beberapa
informasi yang terdapat dalam dongeng “Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa”. (Terlampir).
Kerjakan di buku tulismu yaa!
Kemudian minta tolong kepada
anggota keluarga yang lain untuk memfoto dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu
guru!
Anak-anak hebat pembelajaran
hari ini sudah selesai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan
belajar lebih seru lagi. Kalian bisa membaca materi tersebut pada tautan di
bawah ini.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai jumpa pada
pembelajaran selanjutnya!
#salamsehat
#salamkompak
Lampiran Bahasa Indonesia
Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa
Seorang raja yang bijaksana memiliki kebun yang sangat luas. Di kebun raja yang bijaksana, tumbuhlah pohon pepaya dan pohon kelapa. Kedua pohon itu dirawat oleh penjaga kebun dengan baik. Pada suatu hari, kedua pohon itu sedang bercakap-cakap.
“Hai, Pepaya! Lihatlah tubuhku yang tinggi ini! Tahukah kamu, akulah pohon yang paling disukai oleh manusia. Tidak ada pohon lain yang dapat menandingi kehebatanku,“ kata si Kelapa. “Semua bagian tubuhku bermanfaat bagi manusia. Buahku dapat dimakan. Jika sudah tua, buahku dapat dijadikan bahan masakan.“
Oleh karena Pepaya diam saja, Kelapa semakin menyombongkan diri. Ia berkata, “Batang tubuhku sangat kuat. Manusia dapat membuat jembatan dengan memanfaatkannya. Daun-daunku yang rindang dapat dijadikan pembungkus ketupat. Manusia juga dapat membuat sapu dari tangkai-tangkai daun yang aku punya. Hebat, bukan?.“
Pepaya terdiam. Ia tidak ingin membantah perkataan Kelapa. “Mengapa kau hanya diam, Pepaya? Apa kelebihanmu?.“
Pepaya menghela napas. Ia lalu berkata, “Setiap pohon memiliki kelebihan sendiri, Kelapa. Aku tidak ingin merepotkan si Penjaga Kebun. Ketika panen, aku tidak ingin membuatnya kesusahan mengambil buahku. Oleh karena itu, pohonku tidak terlalu tinggi sehingga ia bisa meraihnya dengan tangan saja.“
“Ketika anak raja sakit, daunku dapat direbus untuk mengobati penyakitnya. Buahku juga manis dan dapat melancarkan pencernaan“. Kelapa terdiam, ia menyadari bahwa Pepaya benar. Setiap pohon memiliki kelebihan dan kekurangan. Ia pun meminta maaf kepada Pepaya.
Sumber: Dokumentasi penerbit
1. Siapa tokoh yang ada dalam dongeng tersebut?
2. Siapakah tokoh yang merasa bahwa bagian tubuhnya berguna untuk manusia?
3. Siapakah tokoh yang merasa membantu penjaga kebun ketika panen tiba?
4. Apa pesan yang terdapat dalam dongeng tersebut?
0 comments:
Posting Komentar