Kelas : III
Tema : 2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema : 4. Menyayangi Hewan
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat dan sikap tokoh pada dongeng berjudul “Si Kancil dan Buaya” dengan benar; peserta didik dapat menentukan pecahan senilai dari suatu pecahan dengan tepat; peserta didik dapat menceritakan pengalaman berbagi peran dan tugas di sekolah dengan percaya diri.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Anak-anak, hari ini kita akan
belajartentang pecahan senilai, pembagian tugas di lingkungan sekolah, dan
penokohan dalam dongeng.
Apakah kamu sudah siap?
Simak video berikut, yuk!
Bagaimana, sudah lebih paham
tentang materi hari ini?
Jika belum memahaminya kalian
bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.
Setelah menyaksikan video, kita
berlatih yuk!
Lakukan kegiatan berikut dan
tuliskan bilangan pecahannya!
1.Gambarlah sebuah kotak panjang, lalu bagilah menjadi 4
bagian yang sama besar. Warnailah 1 kotak pertama
2.Gambarlah sebuah kotak panjang,lalu bagilah menjadi 8 bagianyang sama besar. Warnailah 2 kotak pertama.
Selanjutnya, apa yang dapat
kamu simpulkan dari bagian kotak yang diwarnai?
Kerjakan dibuku tulismu!
Kemudian
minta tolong kepada anggota keluarga yang lain untuk memfoto dan mengirimkan
hasil pekerjaanmukepada Bapak/Ibu guru!
Kegiatan 2
Penokohan adalah tokoh yang ada
dalam dongengbeserta sikap dan sifatnya.
Nah sekarang, anak-anak baca
teks dongeng yang telah disediakan (Terlampir).
Kemudian buatlah akhir dari cerita tersebut sesuai dengan imajinasimu dan tuliskan tokohsertasifat tokoh yang terdapat dalam dongeng tersebut pada tabel di bawah ini.
Kerjakan dibuku tulismu ya,
Nak!
Jangan lupa difoto dan dikirm
ke bapak/ibu guru ya, Nak!
Selanjutnya, ceritakan
pengalaman berbagi peran dan tugas yang pernah kamu lakukan di sekolah secara
lisan ya.
Kemudian minta tolong kepada
anggota keluarga yang lain untuk merekam suara kalian dan mengirimkannya kepada
Bapak/Ibu guru!
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar lebih seru lagi. Kalian bisa membaca materi tersebut pada tautan di bawah ini.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai jumpa
besok!
#salamsehat
#salamkompak
Lampiran Bahasa Indonesia
Si Kancil dan Buaya
Krukukukuk...krukukuk...krukukuk...terdengar suara dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar, setelah seharian bermain dan akhirnya tertidur di dalam hutan.
Si Kancil membayangkan mentimun, makanan kesukaannya. Kebun mentimun tumbuh subur di seberang sungai. Kancil ingin sekali memetik mentimun di kebun itu, namun Kancil kebingungan mencari cara untuk dapat menyebrangi sungai. Sementara itu, banyak sekali buaya yang tinggal di dalam sungai.
Si Kancil pun berpikir dan mencari akal agar dapat menyebrangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya. “Hai Buaya,..keluarlah!“ teriak si Kancil. “Ada apa teriak-teriak, kancil?“ sahut Buaya.
“Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana? “tanya si Kancil, “Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu aku menyebrang sungai itu“ lanjut Kancil.
“Baiklah, tetapi bagaimana kami bisa membantumu?“ tanya Buaya.“Berbarislah kalian sampai ujung sungai itu, biarkan aku berjalan menyebrangi sungai melalui punggung kalian,“ kata Kancil.
Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga akhirnya si Kancil sampai di sebrang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya.
(Buatlah akhir cerita dari dongeng Si Kancil dan Buaya dengan imanjinasimu).
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar