Kelas : 4 (Empat)
Tema : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)
Sub Tema : 2 (Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku)
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video penjelasan mengenai hak dan kewajiban terhadap hewan, siswa dapat menyebutkan hak dan kewajiban terhadap hewan dengan tepat. Setelah memperhatikan video penjelasan tentang faktor persekutuan, siswa dapat menentukan faktor persekutuan dua bilangan dengan benar.
Kegiatan 1
Anak hebat, materi matematika pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas faktor bilangan, hari ini kalian akan belajar materi faktor persekutuan bilangan. Apa itu faktor persekutuan bilangan?
Faktor persekutuan adalah faktor dari dua bilangan atau lebih yang nilainya sama.
Supaya kalian lebih paham mari perhatian penjelasan pada link video di bawah ini!
Sumber : https://youtu.be/RYGNyG-kg40
Bagaimana anak hebat? Menentukan faktor persekutaun sangat mudah jika kalian sudah paham materi faktor bilangan pada pertemuan sebelumnya ya.
Supaya kalian lebih paham, silahkan kerjakan soal latihan di bawah ini!
Tentukan semua faktor persekutuan dari pasangan bilangan berikut!
a. 8 dan 20
b. 16 dan 24
c. 24 dan 32
d. 25 dan 30
e. 40 dan 50
Setelah selesai, foto hasil pekerjaanmu dan kirimkan ke bapak/ibu guru ya!
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak hebat, pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar hak dan kewajiban terhadap tumbuhan, kali ini kita akan belajar hak dan kewajiban terhadap hewan.
Kita berhak memanfaatkan hewan untuk bahan pangan, bahan sandang, bahan kerajinan, maupun diambil tenaganya. Tetapi jangan lupa kita juga harus memperhatikan kewajiban kita terhadap hewan seperti: memperi makan dan minum secara teratur, menyediakan tempat tinggal, menjaga kesehatanya, menjaga kebersihan hewan dan kandangnya. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara seimbang.
Supaya kalian lebih paham apa itu hak dan kewajiban terhadap hewan, silahkan perhatikan video penjelasan berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/iFWLmYAGtgk
Bagaimana anak hebat, cukup mudah ya?
Sekarang kerjakan soal berikut ini!
1. Apakah yang dimaksud hak terhadap hewan?
2. Apakah yang dimaksud kewajiban terhadap hewan?
3. Apakah kamu memiliki hewan peliharaan? Hewan apa yang kamu miliki? Sebutkan hak dan kewajiban terhadap hewan yang kamu miliki!
(Jika tidak memiliki hewan peliharaan, boleh mengambil contoh hewan peliharaan lainnya ya!)
Tulislah di buku tulismu! Setelah selesai fotokan hasilnya dan kirimkan ke bapak/ibu guru ya!
Sampai disini pembelajaran hari ini, besok kita masih belajar lagi. Materi selanjutnya yaitu: karakteristik tempat hidup hewan serta hewan dan ciri khususnya. Silahkan kalian pelajari terlebih dahulu materinya pada link di bawah ini!
Sumber : https://youtu.be/6v-X9wqJml0
Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bundamu yang telah mendampingi belajar dari rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca do‘a sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok ya!
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar