Kelas : IV
Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema : 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca teks wawancara, peserta didik dapat menata informasi yang diperoleh dari teks wawancara dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan pentingnya upaya pelestarian hewan dengan penuh tanggung jawab.
Kegiatan 1
Selaintumbuhan,
hewanjuga merupakan sumber daya alamyang perlu terus dijaga keseimbangan
dankelestariannya. Jika tidak, maka hewan-hewantersebut akan menjadi langka dan
punah.
Di sekitar kita banyak hewan yang dapat kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, namun ada juga hewan yang perlu dijaga kelestariannyadan dilindungi. Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikutini!
Setelah
menyimak tayangan tadi, selanjutnya coba kalian jawab soal-soal di bawah ini!
1.Apa
yang kamu ketahui tentang pelestarian hewan?
2.Tuliskanlah
contoh hewan-hewan dilindungi yang ada di Indonesia!
3.Mengapa
perlu dilakukan pelestarian terhadap hewan yang langka dan dilindungi?
4.Apa
saja hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kepunahan hewan?
5.Berikan
saranmu agar kelestarian hewan tetap terjaga!
Kerjakanlah pada buku tulismu,kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2
Anak-anak
hebat, burung cendrawasih merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Nah, kali
ini Beni dan kawan-kawan ingin mencari informasi tentang burung cendrawasih.
Untuk itu,merekamelakukan wawancara dengan seorang petugas penangkaran hewan.
Mari kita baca teks wawancaranya pada tautan berikut ini!
Anak-anak
hebat, kita dapat memperoleh informasi darikegiatan wawancara. Untuk itu,kita
perlu mencatatnya. Namun,tidak semua informasi kita catat, melainkan hanya
informasi-informasi penting yang berkaitan dengan pertanyaan yang diajukan.
Nah, sekarang coba kalian catatpokok-pokok informasi yang terdapatpada teks wawancara yang telah kita baca tadi. Kemudian, susunlah informasi tersebut dan tuliskan kembali pada kolom seperti berikut ini!
Kerjakanlah
pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru
ya!
Anak-anak,pembelajaran
hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang
faktor bilangan dan mozaik.Berikut ini link materinya:
Pelajari
dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah,
sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar