Minggu, 05 September 2021

RPP Kelas 4, Senin 6 September 2021


Kelas : IV

Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema : 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku


Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca teks wawancara, peserta didik dapat menata informasi yang diperoleh dari teks wawancara dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan pentingnya upaya pelestarian hewan dengan penuh tanggung jawab. 


Kegiatan 1

Selaintumbuhan, hewanjuga merupakan sumber daya alamyang perlu terus dijaga keseimbangan dankelestariannya. Jika tidak, maka hewan-hewantersebut akan menjadi langka dan punah.

Di sekitar kita banyak hewan yang dapat kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, namun ada juga hewan yang perlu dijaga kelestariannyadan dilindungi. Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikutini!


Setelah menyimak tayangan tadi, selanjutnya coba kalian jawab soal-soal di bawah ini!

1.Apa yang kamu ketahui tentang pelestarian hewan?

2.Tuliskanlah contoh hewan-hewan dilindungi yang ada di Indonesia!

3.Mengapa perlu dilakukan pelestarian terhadap hewan yang langka dan dilindungi?

4.Apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kepunahan hewan?

5.Berikan saranmu agar kelestarian hewan tetap terjaga!

 

Kerjakanlah pada buku tulismu,kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!


Kegiatan 2

Anak-anak hebat, burung cendrawasih merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Nah, kali ini Beni dan kawan-kawan ingin mencari informasi tentang burung cendrawasih. Untuk itu,merekamelakukan wawancara dengan seorang petugas penangkaran hewan. Mari kita baca teks wawancaranya pada tautan berikut ini!

https://tinyurl.com/t6u558bt

Anak-anak hebat, kita dapat memperoleh informasi darikegiatan wawancara. Untuk itu,kita perlu mencatatnya. Namun,tidak semua informasi kita catat, melainkan hanya informasi-informasi penting yang berkaitan dengan pertanyaan yang diajukan.

Nah, sekarang coba kalian catatpokok-pokok informasi yang terdapatpada teks wawancara yang telah kita baca tadi. Kemudian, susunlah informasi tersebut dan tuliskan kembali pada kolom seperti berikut ini!


Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang faktor bilangan dan mozaik.Berikut ini link materinya:



Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


0 comments:

Posting Komentar