Rabu, 15 September 2021

RPP Kelas 6, Kamis 16 September 2021


Kelas : 6 (Enam)

Tema : 3. Tokoh dan Penemuan

Sub Tema : 3. Ayo menjadi penemu


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung campuran bilangan pecahan; menganalisis dampak penggunaan alat-alat modern dalam kegiatan manusia.


Kegiatan 1

Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua?

Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat. Ananda yang hebat, Tahukah kalian bahwa sebentar lagi akan dilakukan PTS (Penilaian Tengah Semester) ganjil? Tentunya sudah tahu, bukan? Bapak harap semoga Kalian bisa mempersiapkan diri menghadapi PTS tersebut dengan sebaik-baiknya. 

Pembelajaran matematika kali ini akan membahas operasi hitung campuran bilangan pecahan. Untuk mengerjakan soal operasi hitung campuran bilangan pecahan, tentunya harus mengikuti aturan atau cara-cara yang benar.

Bagaimana menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi hitung campuran bilangan pecahan? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.


Sumber : https://youtu.be/lYPbYy3ac8E

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami,

bukan? Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada akhir video pembelajaran tersebut ya. 

Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu guru. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.


Kegiatan 2

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah menumbuhkan semangat kepada masyarakat untuk menciptakan benda dan alat yang dapat membantu kegiatan manusia. Penggunaan alat-alat yang berteknologi modern, berdampak pada terjadinya perubahan sosial budaya dan ekonomi pada masyarakat. Televisi, komputer, alat transportasi (pesawat/kereta), dan alat komunikasi /Hand phone adalah contoh penemuan yang dapat menimbulkan perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi Bangsa Indonesia.

Bagaimanakah dampak positif dan negatif dari penggunaan alat-alat tersebut? Untuk mendalami hal tersebut silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=vs17nKkAQzw&t=6 14s

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan?

Sebagai bahan evaluasi, Jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Jelaskan dampak penemuan televisi bagi masyarakat!

2. Jelaskan peran teknologi dalam kegiatan produksi dan distribusi!

3. Apa saja dampak positif dan dampak negatif dari Hand Phone!

4. Apakah komputer dapat digunakan untuk Pendidikan anak? Jelaskan alasanmu!

5. Apakah semua penemuan modern termasuk senjata untuk perang bermanfaat untuk manusia? Jelaskan alasanmu! 

Kerjakan dengan tekun dan teliti. Bila telah selesai, kirim kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Namun, hari Jumat nanti, kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu menggali isi teks eksplanasi ilmiah. Silakan Ananda pelajari terlebih dahulu pada link berikut ini.


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=arxm3g03bDk

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, Wassalamu'alaikum, wr,wb


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar