Kelas : 6 (Enam)
Tema : 3. Tokoh dan Penemuan
Sub Tema : 2. Penemuan dan Manfaatnya
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat mengidentifikasi kosakata dalam teks eksplanasi; dan menentukan interval nada pada notasi angka dengan teliti.
Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.
Hari ini Ananda akan mempelajari kosakata baku dalam teks eksplanasi. Kata baku merupakan kata yang penggunaannya sesuai ejaan dan aturan pedoman Bahasa Indonesia yang baik dan benar, bersumber pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Selain itu, penggunaan kata baku dapat dilihat dari penulisannya yang sudah sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Menggunakan kata baku dapat melestarikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Bagaimana cara mengidentifikasi kata baku dalam teks eksplanasi? Agar Ananda lebih memahaminya, silakan Ananda simak penjelasannya pada materi berikut:
Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami kata baku dalam teks eksplanasi.
Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada akhir video pembelajaran. Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Ananda dapat melihat kata baku yang tepat dalam KBBI secara online atau dalam bentuk buku. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu Guru melalui WA.
Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Kegiatan 2
Anak-anak hebat, pernahkah Ananda mendengar tokoh musik bernama Mozart? Iya, Mozart adalah salah satu dari komponis musik klasik yang paling terkenal dalam sejarah. Berkat jasanya, musik klasik dikenal luas dan diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara.
Musik tidak dapat terlepas dari notasi angka dan interval nada. Notasi angka adalah not yang ditentukan dengan angka. Ananda dapat menghitung interval nada pada notasi angka. Bagaimana cara menghitungnya? Silakan Ananda simak tayangan pada link video berikut:
Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami interval nada pada notasi angka. Sebagai evaluasi, kerjakan Latihan soal pada link berikut:
https://forms.gle/fYJdK5r5NSSCPN6S7
Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Apabila telah selesai, jangan lupa screenshot skor Ananda dan kirimkan kepada Bapak/Ibu Guru.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, tetapi Ananda tidak boleh lupa, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu mengenai Dampak Ketidakseimbangan Pelaksanaan Hak dan Kewajiban. Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar