Kelas : IV
Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema : 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat menghubungkan antara bentuk dan fungsi tubuh pada hewan dengan lingkungan tempat hidupnya dengan kerja keras. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dengan mandiri.
Kegiatan 1
Anak-anak
hebat, Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
Hewan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, bahan obat-obatan, dan juga
dimanfaatkan tenaganya oleh manusia.
Lingkungan
tempat hidup hewan juga berbeda-beda. Ada hewan yang tinggaldi darat, dan ada
juga hewan yang tinggal di perairan. Kita cari tahu lebih lanjut tentang karakteristik
tempat hidup hewan dan pemanfaatannya sebagai sumber daya alam dengan
menyaksikan tayangan berikut ini yuk!
Anak-anak hebat, selanjutnya
cerilah jenis-jenis hewan yang lainnya, kemudian tuliskan nama hewantersebut, karakteristik
tempat hidup, dan pemanfaatannya pada tabel berikut ini!
Anak-anak
hebat, karakteristik tempat hidup hewan sangat berkaitan erat dengan ciri-ciri
khusus yang dimilikinya. Ayo, cari tahu lebih lanjut tentang hubungan
karakteristik tempat hidup hewan dengan ciri-ciri khususnya dengan membaca teks
pada tautan berikut!
Nah
Anak-anak hebat, kalaian telah mempelajari bahwa cecak, kelelawar, bunglon, dan
beberapa jenis hewan lainnya memiliki ciri khusus yang berkaitan erat dengan
habitat atau lingkungan tempat hidupnya. Untuk mengasah kemampuan dan wawasanmu
tentang ciri-ciri khusus pada hewan, sekarang kita kerjakan kuis pada tautan
berikut ini yuk!
Screenshoot
skor hasil perolehanmu dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Anak-anak,pembelajaran
hari ini telah usai, pada pertemuan berikutnyakita akan belajar yang lebih
seru, yaitu tentang penggunaan kata baku dan tidak baku,dan peduli
terhadapkelestarian SDA dan lingkungan. Berikut link materinya:
Sumber : https://youtu.be/4PUA8SnOaus
Pelajari
dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada
pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar