SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 5. Wirausaha
Sub Tema : 3 (Ayo, Belajar Berwirausaha)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
IPA
3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan seharihari.
4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
PPKN
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menjelaskan tentang medan magnet dan membuat laporan tentang medan magnet ; Menjelaskan pentingnya kerjasama dalam memajukan wirausaha
Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb. Selamat Pagi anak-anak cerdas. Apa khabar Ananda semua? Semoga Ananda semua senantiasa sehat ya. Tetaplah rajin dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Anak cerdas, Seperti yang pernah disampaikan sebelumnya, sebuah magnet memiliki daerah atau wilayah yang dipengaruhi oleh gaya magnet sehingga mampu menarik benda-benda tertentu yang umumnya terbuat dari logam. Wilayah yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet tersebut, kita kenal dengan sebutan medan magnet. Medan Magnet tidak dapat kita lihat, tetapi dapat digambarkan dan diamati. Untuk mengamati dan menggambarkan medan magnet, bisa kita lakukan melalui percobaan dengan menggunakan serbuk besi.
Nah anak hebat, hari ini kita akan membahas materi tentang Percobaan Medan Magnet. Bagaimana dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat magnet tersebut? Untuk lebih jelasnya, silahkan Ananda simak pembahasannya pada link video berikut ini :
Sumber : https://youtu.be/_sGtbFDhi2w
Bagaimana anak cerdas Setelah menyimak video di atas? Ananda tentunya sudah lebih memahami cara mengamati dan menggambarkan medan magnet.. Selanjutnya Sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal yang berada pada bagian akhir tayangan video tersebut.
Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui WA.
Terima kasih untuk Ananda yang mengerjakan tugas tepat waktu. Tak lupa ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Ayah/Bunda yang telah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak hebat, tahukah kalian bahwa dalam menjalankan usaha bisa dilakukan secara perorangan dan juga secara bersamasama? Kegiatan wirausaha yang dilakukan secara-bersamasama, biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bekerja sama mengelola usaha tersebut hingga menjadi maju. Dengan bekerja sama, para pemilik usaha akan lebih mudah mengelola dan mengembangkan usahanya. Pembagian tugas sangat penting dalam mengelola sebuah usaha yang dilakukan secara bersama-sama.
Anak hebat, apakah kalian ingin menjadi seorang pengusaha? Dengan usaha yang sungguh-sungguh, tentu kalian akan dapat mewujudkannya. Kalian pun bisa memulainya dari sekarang dengan belajar menjadi pelaku wirausaha cilik. Tentu ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan saat memulai kegiatan berwirausaha.
Langkah-langkah Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memulai sebuah usaha agar kegiatan yang dilakukan bisa maju?. Untuk lebih mendalami materi tersebut, silahkan Ananda simak penjelasannya pada link video berikut ini. Jangan lupa mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://youtu.be/iaHhmf_StKc
Bagaimana penjelasan pada video tersebut, menarik bukan? Selanjutnya sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal yang berada pada bagian akhir tayangan video tersebut. Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab.
Anak-anak cerdas pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anakanak tidak boleh lupa, pada pembelajaran berikutnya kita akan membahas materi yang lebih seru lagi, yaitu materi Muatan Pelajaran IPS, tentang “Komoditas Ekspor dan Impor Indonesia di ASEAN”. Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Y2kiXaG_JrQ
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
0 comments:
Posting Komentar