Minggu, 07 November 2021

RPP Kelas 5, Senin 8 November 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : 5 (Lima)

Tema             : 5. (Ekosistem)

Sub Tema      : 1 ( Komponen Ekosistem)

Semester        : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit

Hari/ tanggal  : Senin, 8 November 2021



Kompetensi Dasar

IPA 

3.5 Menganalisis hubungan antar ekosistem dan jaring-jaring makanan di ingkungn sekitar 

4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem


Bahasa Indonesia 

3.3 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik 

4.3 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video peserta didik dapat mengidentifikasi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dan mengidentifikasi contoh iklan media elektronik dengan cermat dan teliti.


Kegiatan 1

Halo Ananda apa kabar hari ini? Semoga sehat dan bahagia

Ananda yang memiliki hewan piaraan di rumah, apa kabar hewan-hewan piaraanmu? Sudahkah Ananda memberikan makan pada mereka hari ini? Apa saja jenis makanan yang di konsumsi hewan piaraanmu? Wah pasti senang sekali mempunyai hewan piaraan di rumah ya?

Ananda tentu masih ingat dengan komponen ekosistem yang telah dipelajari. Ananda juga telah membaca teks yang dikirimkan pada link minggu lalu. Hewan sebagai salah satu komponen ekosistem memiliki keunikan yang dapat menyeimbangkan ekosistem tempat ia berada. Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibagi menjadi tiga golongan, yaitu hewan yang memakan bagian-bagian tumbuhan dan hewan yang memakan hewan lain. Ada pula kelompok hewan yang memakan keduanya, yaitu memakan tumbuhan sekaligus memakan hewan lain. Untuk mengetahui lebih dalam tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya simak video pada tautan link berikut!


Sumber : https://youtu.be/3yMNePBAZLs

Bagaimana videonya menarik dan mudah difahami bukan? Tugas Aananda sekarang adalah mengerjakan tugas yang ada pada akhir video.

Jika sudah selesai, foto dan kirimkan hasil tugas Ananda ke WAG kelas.



Kegiatan 2

Terimakasih Ananda yang sudah mengumpulkan tugas pertamanya.

Kalian memang hebat!

Ananda, hewan apakah yang paling kalian suka? Jika kalian memiliki hewan piaraan rawatlah dengan baik dengan memberi makan dan memelihara dengan penuh kasih sayang.

Pernahkah kalian melihat iklan makanan untuk hewan piaraanmu di sebuh media elektronik? Pastinya iklan tersebut dapat menarik perhatian Ananda untuk membelinya.

Sebelumnya Ananda telah memprlajari ciri-ciri iklan media cetak dan iklan media elektronik. Sekarang perhatikan video berikut dengan cermat dan teliti!


Sumber ; https://youtu.be/PbDtCxab93o

Bagaimana videonya menarik bukan ?

1. Hal apa saja yang dapat Ananda simpulkan setelah menonton isi video tersebut?

2. Merupakan iklan media apakah contoh iklan pada video yang telah Ananda tonton?

3. Sebutkan, apa ciri-ciri iklan yang terdapat pada media tersebut?

Kerjakan dibuku tugas, jika sudah selesai foto dan kirimkan tugas Ananda ke WAG kelas Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu

https://pintarinah.blogspot.com/2021/11/tangga-nada-minor.html

Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar