SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 3. Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
PPKn
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
4.2 Menuliskan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menemukan dan menuliskan kalimat yang menunjukkan masalah dan penyelesaiannya berdasarkan teks “Aku Ingin Lingkungan Bersih” dengan tepat; Peserta didik dapat menuliskan kewajiban dan hak berkaitan dengan Lingkungan Rumah Bersih dengan tepat.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Pada pembelajaran lalu, kalian sudah mempelajari tentang kalimat saran, pada pembelajaran hari ini kita akan mempelajari kalimat penyelesaian masalah dengan cara menemukan masalah terlebih dahulu dalam sebuah teks.Ayo, semangat kita akan mempelajari kalimat penyelesaian masalah, mari menyimak video berikut!
Sumber : https://youtu.be/-tgib_qW7Hk
Bagaimana, sudah tahudan
memahaminya kan nak?
Jika belum paham, kalian bisa
bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.
Setelah menonton video, simak
dan baca kembali teks dibawah ini “Aku Ingin Lingkungan Bersih” untuk menemukan
permasalahannya dan kalian buat kalimat penyelesaiannya.(Terlampir)
Kerjakan di buku tulismu,
tentunya baca dengan teliti dan cek kembali ya sebelum di laporkan kepada
Bapak/Ibu guru.
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru.
Selamat mengerjakan anak
Kegiatan
Hebat! Anak-anaksudah bisa
menemukan kalimat masalah dan menuliskan kalimat penyelesaiannya dengan tepat!
Hidup bertetangga sangat
menyenangkan. Kita dapat bertemu dengan tetangga di banyak kesempatan.Setiap
orang berhak mendapatkan lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib
menjaga agar lingkungannya tetap bersih.
Selanjutnya, kalian tuliskan
kewajiban dan hak agar lingkungan rumah bersih!
Kerjakan di buku tulismu ya!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu
guru.
Anak-anak hebat pembelajaran
hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi selanjutnya berkaitan
dengan Kewajiban dan hak pada hewan peliharaan dan soal cerita penjumlahan
pecahan berpenyebut sama.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai jumpa
besok!
#salamsehat
#salamkompak
#PHBS
Lampiran Bahasa Indonesia
Aku Ingin Lingkungan Rumah Bersih
Edo sedang duduk di depan rumahnya. Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal. Anak itu ingin mencoret-coret tembok tetangganya. Edo mengingatkannya dengan santun agar tidak mencoret-coret tembok. Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan. Dengan santun, Edo mengingatkan tetangganya untuk membuang sampah pada tempatnya. Edo ingin lingkungan tempat tinggalnya bersih. Ia melakukan sesuatu yang dapat ia lakukan.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar