SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 5. Ekosistem
Sub Tema : 2 (Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Kamis, 18 November 2021
Kompetensi Dasar
IPS
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
SBdP
3.2 Memahami tangga nada
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak tayangan video peserta didik dapaat menjelaskan manfaat berinteraksi dengan lingkungan alam di sekolah dengan tepat serta dapat menyanyikan lagu wajib nasional bertangga nada minor dengan percaya diri.
Kegitan 1
Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan bersemangat.
Ananda, dalam ekosistem terdapat makhluk hidup dan tak hidup. Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan dan tumbuhan. Hewan, tumbuhan dan lingkungan saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut ekosistem.
Manusia juga berinteraksi dengan lingkungan, Manusia memerlukan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya adalah lingkungan sekolah.
Sekolah sebagai salah satu lingkungan tempat manusia tumbuh dan berkembang juga merupakan tempat interaksi manusia dengan alam.
Interaksi manusia dengan lingkungan alam sekolah dapat terjadi antara manusia dan tumbuhan ataupun manusia dengan hewan di sekitar lingkungan sekolah.
Mari kita simak video pada tautan link berikut ini untuk lebih jelasnya!
Sumber : https://youtu.be/HM3GjP5aBBU
Selanjutnya tugas Ananda adalah:
1. Amatilah lingkungan sekolahmu. Sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu temukan di sana!
2. Apa pengaruh dari kegiatan tersebut terhadap lingkungan alam?
3. Mengapa kita perlu melakukan interaksi dengan lingkungan alam di sekolah?
Setelah selesai kirim tugas dalam bentuk foto lalu kirim ke WAG kelas ataupun classroom!
Kegiatan 2
Terimakasih Ananda telah mengirimkan tugas pertamanya, kalian memang hebat!
Ananda tentunya sering mendengar lagu-lagu Nasional.
Lagu nasional adalah sekumpulan lagu berbahasa Indonesia yang liriknya berisikan nasionalisme untuk pembangunan karakter bangsa. Lagu nasional ada yang terbuat dari tangga nada mayor, namun ada juga yang terbentuk dari tangga nada minor.
Lagu nasional yang menggunakan tangga nada minor adalah lagu yang berisikan kecintaan terhadap tanah air atau lagu yang ditujukan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kemerdekaan. Karena tangga nada diatonis minor cenderung memberikan kesan lagu yang melankolis, terdengar sedih, emosional, dan syahdu.
Tugas Ananda adalah, pilihlah salah satu lagu wajib Nasional yang menggunakan tangga nada minor! Selanjutnya nyanyikanlah lagu tersebut dengan percaya diri , lebih bagus lagi jika dinyanyikan bersama anggota keluarga.
Setelah selesai kirim hasil pekerjaan berupa video mengunggah pada WAG kelas atau classroom.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu
https://drive.google.com/file/d/18RglehPTGw0UuaXtgxrUx41yeqEUdxep/view?usp=sharing
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar