SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 4. Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.
SBDP
3.4 Mengenal prosedur teknik potong, lipat, sambung.
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, sambung.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat permasalahan dan penyelesaian masalah dari teks berjudul “Merawat Tanaman” dengan tepat; peserta didik dapat mengurangkan dua pecahan berpenyebut sama dengan benar; peserta didik dapat membuat kreasi seni membuat topi dengan teknik melipat dengan terampil dalam membuat karya.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Anak-anak pada pembelajaran
hari ini kita memasuki pembelajaran sub tema 4, yaitu Kewajiban dan Hakku
sebagai Warga Negara.
Nah, untuk mengetahui pembelajaran hari ini, simak video berikutyuk!
Sumber : https://youtu.be/WPtKWS9zIxA
Sekarang, bacalah teks berjudul
“Merawat Tanaman” di bawah ini! (Terlampir).
Setelah itu, tuliskan kalimat
permasalahan dan kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah berdasarkan teks
tulis tersebut!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru.
Selamat mengerjakan anak-anak hebat!
Kegiatan 2
Pernahkah kamu melihat karya
dari kertas berupa bentuk seperti, hewan, tumbuhan, atau alat transportasi?
Karya tersebut dinamakan seni melipat kertas. Seni melipat kertas juga biasa
disebut dengan origami.
Nah selanjutnya, buatlah topi
menggunakan origami/kertas koran.kertas hvs. Buatlah dengan rapi dsan sesuai
dengan ukuran kepalamu sehingga dapat dipakai.
Kemudian jangan lupa untuk
memfotohasil karyamudan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.
Dalam kehidpan sehari-hari, kita sering menemukan masalah yang berkaitan dengan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Untuk menyelesaikannya, kita perlu mengurangkan pembilangnya saja sedangkan penyebutnya tetap. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengurangan pecahan berpenyebut sama, saksikan video berikut ya!
https://www.youtube.com/watch?v=H_kzGdemOxc&t=161s
Selanjutnya, kerjakan latihan
operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama berikut! (Terlampir).
Kemudian jangan lupa untuk
memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai jumpa
besok!
#salamsehat
#salamkompak#PHBS
Lampiran Matematika
Kerjakan latihan soal berikut!
Lampiran Bahasa Indonesia
Merawat Tanaman
Udin dan teman-temannya sedang bermain bersama di taman. Udin terkejut karena taman itu sangat kotor. Banyak sampah daun berguguran dan membusuk. Selain itu, ada kubangan air sehingga banyak jentik nyamuk tumbuh di dalamnya. Udin juga melihat tanaman-tanaman kering yang tidak pernah disiram. Udin tidak bisa bermain di taman itu karena kotor dan bau sampah.
Besoknya, Udin dan teman-temannya membersihkan taman itu. Mereka membawa sapu, sekop, dan plastik sampah. Mereka juga tidak lupa membawa bibit tanaman. Udin mulai menyapu daun-daun yang berguguran dan memasukkan sampah ke dalam tempat sampah. Temannya yang lain ada yang membuang air kubangan ke tanah. Setelah menyapu dan membersihkan taman, Udin dan teman-temannya menanam bibit tanaman yang dibawa. Mereka juga menanam bunga agar taman semakin indah. Setelah selesai, mereka mencuci tangan dan pulang dengan hati yang senang karena tempat mereka bermain sudah bersih dan sejuk.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar