Kamis, 04 November 2021

RPP Kelas 3, Jumat 5 November 2021

 SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas                 : III

Tema                 : 4. Kewajiban dan Hakku

Sub Tema          : 3. Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

Semester           : I (Ganjil)

Alokasi Waktu  : 120 menit 



Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.

4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.


Matematika

3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.

4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.


SBDP

3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif

4.1 Membuat karya dekoratif



Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran berdasarkan pernyataan yang telah disediakan dengan tepat; peserta didik dapat menjumlahkan tiga pecahan dengan penyebut yang sama dengan benar. peserta didik dapat membuat karya dekoratif dengan kreatif dan menarik.


Haiii,...

Assalamualaikum, selamat pagi dan semangat pagi anak-anak hebat

Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.

Pada pembelajaran lalu, kalian sudah mempelajari cara membandingkan dua pecahan baik penyebut sama atau pembilang sama. Ayo, semangat kita akan mempelajari lebih lanjut berkaitan dengan pecahan, mari menyimak video berikut!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=VBBxG_1uorM

Bagaimana, sudah tahu dan memahaminya kan nak?

Jika belum paham, kalian bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.

Setelah menonton video, kerjakan latihan soal menjumlahkan dua pecahan berpenyebut sama di bawah ini! (Terlampir)

Kerjakan di buku tulismu, tentunya dengan teliti dan cek kembali ya sebelum di laporkan kepada Bapak/Ibu guru.

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Selamat mengerjakan anak-anak hebat!


Kegiatan 2

Kalimat saran dapat muncul setelah ada kalimat masalah. Pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah banyak mempelajari mengenai kalimat saran, baik melalu teks maupun video. Untuk mengetahui tentang kalimat saran kembali mari kita simak video berikut yuk!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=UbaduszY_CE

Selanjutnya, temukan permasalahan pada teks tulis yang telah disediakan! (Terlampir).

Kemusian tuliskan kalimat saran sesuai dengan permasalahan tersebut!

Kerjakan di buku tulismu ya!

Jangan lupa untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.

Gambar dekoratif adalah gambar dengan corak dekor atau hias. Klik tautan di bawah ini!


Sumber : ttps://youtu.be/NcwgtDA1n98

Pada video di atas kalian sudah melihat dan memahami cara menggambar bentuk bangun datar dekoratif yang berada disekitar kalian.

Nah sekarang, buatlah gambar sesuai dengan gambar contoh dan kalian buat lebih kreatif dan menarik. Kerjakan pada buku tulis atau buku gambarmu!

Jangan lupa untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.

https://tinyurl.com/5pjxhv46

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

#salamsehat

#salamkompak

#PHBS


Lampiran Matematika

Kerjakan latihan soal berikut!



Lampiran Bahasa Indonesia

Berbagi Kepada Tetangga

Pak Arif memiliki pohon jambu yang besar di depan rumahnya. Suatu hari, pohon jambu milik Pak Arif berbuah lebat. Buahnya banyak sekali, setiap orang yang melewati rumahnya pasti akan tergoda untuk mencicipi buah itu. Pak Arif memanen pohon jambunya. pak Arif meminta anaknya untuk mengambil karung. Pak Arif memasukkan buah jambu itu ke dalam karung.

Pada sore hari, karung yang berisi buah jambu tersebut sudah penih. Dibantu anaknya, Pak Arif lalu membagikan jambunya kepada para tetangganya. Sisanya akan Pak Arif jual di pasar. Pak Arif tidak segan untuk membagikan makanan kepada tetangganya. Ia merasa senang karena dapat berbagi kepada orang lain.



Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar