SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 5. Wirausaha
Sub Tema : 3 (Ayo, Belajar Berwirausaha)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
IPA
3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan seharihari.
4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
PPKN
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat melakukan percobaan cara membuat magnet ; Menjelaskan manfaat berwirausaha sejak kecil
Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb.
Selamat Pagi anak-anak cerdas. Apa khabar Ananda semua? Semoga Ananda semua senantiasa sehat ya. Tetaplah rajin dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Anak cerdas, seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, bahwa berdasarkan asalnya magnet dibedakan menjadi 2, yaitu magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam ialah magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami. Sementara Magnet buatan adalah magnet yang dibuat oleh manusia. Magnet buatan biasanya dibuat dari bahan-bahan magnetik yang kuat (seperti besi dan baja).
Nah anak hebat, hari ini kita akan membahas materi tentang cara membuat magnet dengan cara menggosok, Induksi, dan elektromagnetik. Bagaimana dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat magnet tersebut? Untuk lebih jelasnya, silahkan Ananda simak pembahasannya pada link video berikut ini :
Sumber : https://youtu.be/sMAjONq1l3s
Bagaimana anak cerdas Setelah menyimak video di atas? Ananda tentunya sudah lebih memahami cara membuat magnet buatan. Selanjutnya Sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal yang berada pada bagian akhir tayangan video tersebut.
Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui WA.
Terima kasih untuk Ananda yang mengerjakan tugas tepat waktu. Tak lupa ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Ayah/Bunda yang telah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak hebat, tahukah kalian bahwa banyak pelaku usaha menghasilkan berbagai produk dari benda-benda yang tidak terpakai? Di tangan seseorang yang memiliki kreativitas yang tinggi, bahan tidak terpakai tersebut dapat menghasilkan sesuatu produk yang memiliki nilai jual dan menghasilkan keuntungan. Sebagai contoh, botol bekas minuman, yang awalnya tidak dipandang mata bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan pot tanaman hias yang memiliki nilai seni dan keindahan.
Kalian pun bisa mencoba belajar melakukan kegiatan wirausaha sejak kecil. Jika kalian tekun, bukan tidak mungkin hasil kerajinan kalian akan memiliki nilai jual dan menghasilkan keuntungan yang dapat kalian tabung untuk masa depan kalian. Dengan belajar berwirausaha sejak kecil, akan banyak sekali manfaat yang akan kalian dapatkan.
Apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari belajar melakukan kegiatan wirausaha sejak kecil? . Untuk lebih mendalami materi tersebut, silahkan Ananda simak penjelasannya pada link video berikut ini. Jangan lupa mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://youtu.be/JVsKWAadqmM
Bagaimana penjelasan pada video tersebut, menarik bukan?
Selanjutnya sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal yang berada pada bagian akhir tayangan video tersebut. Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab.
Anak-anak cerdas pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu materi Muatan Pelajaran Matematika tentang Luas permukaan bangun ruang prisma tegak segitiga. Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:
Sumber : https://youtu.be/LWfeAKM4XWE
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar