SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 5 (Ekosistem)
Sub Tema : 3 (Keseimbangan Ekosistem)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Selasa, 23 November 2021
Kompetensi Dasar
IPS
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
IPA
3.5 Menganalisi hubungan antar ekosistem dan jaring-jaring makanan di ingkungn sekitar
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat menjelaskan interaksi dengan kingkungan alam dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial dan dapat membuat diagram perubahan jaring-jaring makanan dengan teliti dan percaya diri.
Kegiatan 1
Hai Ananda, Apa kabar?
Semoga sehat dan bahagia!
Ananda, alam senantiasa berubah setiap makhluk hidup di alam juga akan berubah. Perubahan pada suatu bagian dari sebuah jaring-jaring makanan misalnya, akan mengubah bagian yang lain. Seperti yang telah dijelaskan pada tautan link yang telah dikirimkan kemarin, hal itu dapat terjadi karena kegiatan manusia terhadap alam.
Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, manusia berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, dalam hal tersebut terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara manusia dengan lingkungan hidupnya.
Tahukah Ananda interaksi manusia dengan lingkungan dapat memengaruhi pembangunan sosial budaya. Jika tidak ada interaksi antara manusia dengan lingkungan, maka pembangunan sosial budaya akan sulit dilaksanakan. Sebagai warga masyarakat kita juga dapat turut serta dalam upaya pembangunan sosial budaya di Indonesia.
Selanjutnya simak Video berikut!
Sumber : https://youtu.be/iJrnKBTnhCI
Tugas Ananda adalah menjawab pertanyaan berikut :
1. Tuliskan bentuk interaksi alam yang terjadi ketika warga melakukan jalan sehat!
2. Tuliskan bentuk interaksi sosial yang terjadi ketika warga melakukan jalan sehat!
Jika sudah selesai kirim dalam bentuk foto ke WAG kelas atau Classroom.
Kegiatan 2
Terimkasih Ananda yang telah mengirimkan tugas pertamanya,
Ananda memang hebat.
Kemarin, Ananda sudah mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan perubahan dalam jaring-jaring makanan. Ananda, perubahan terjadi di sekeliling kita, setiap perubahan yang terjadi akan memengaruhi komponen lain yang ada dalam jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem. Apa saja akibat perubahan tersebut?
Untuk selanjutnya mari kita simak video berikut untuk mengetahui akibat perubahan tersebut terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan pada ekosistem.
Simak Video pada tautan link berikut!
Sumber : https://youtu.be/jqf8sWj_eoQ
Bagaiamana videonya menarik bukan? Setelah menyimak video pastinya Ananda sudah memahami dampak perubahan akibat kerusakan alam secara alami maupun yang dikarenakan oleh kegiatan manusia.
Tugas Ananda adalah :
Sekarang buatlah diagram yang menunjukan perubahan terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan pada ekosistem tertentu. Ananda dapat menggunakan gambar seperti pada video yang telah Ananda simak untuk memperjelas diagram ke dalam tabel yang ada pada lampiran di bawah ini!
Jika sudah selesai kirim dalam bentuk foto ke WAG kelas atau Classroom. Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya, pelajari untuk materi esok hari yaitu
https://pintarinah.blogspot.com/2021/11/tangga-nada-minor.html
Persiapkan diri kalian, ya. Sampai jumpa, anak-anak, salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok.
Lampiran
Buatlah diagram yang menunjukan perubahan terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan pada ekosistem tertentu. Ananda dapat menggunakan gambar diagram seperti pada video yang telah Ananda simak untuk memperjelas diagram ke dalam tabel yang ada pada lampiran berikut!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar