SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.1 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
PPKn
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila"
4.2 Menceritakan arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila
Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan
SBDP
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi pola irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia
Tujuan Pembelajaran
Setelah melihat isi link soal latihan, peserta didik dapat mengerjakan latihan soal evaluasi tema 1 dengan teliti dan benar; setelah menyimak video, peserta didik dapat menyanyikan sebuah lagu dengan gerakan sederhana sesuai irama musik dengan percaya diri
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi dan semangat pagi anak-anak hebat.
Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Anak-anak hebat tidak terasa ya kita telah melaksanakan kegiatan pembelajaran pada semester 1 ini, dari Tema 1 hingga Tema 4 telah kita laksanakan dengan serius tapi santai dan penuh tanggung jawab bersama Ayah/bunda kalian di rumah.
Pada pembelajaran hari ini kita akan mengevaluasi hasil pembelajaran kalian pada Tema 1 dengan mengerjakan latihan soal sebagai persiapan kita untuk melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS).
Nah, kira-kira seperti apa ya latihan soalnya dan berapa banyak jumlah soalnya. Untuk mengetahui dan mengerjakannya maka kalian klik link soal di bawah ini! (atau kerja soal pada lampiran)
Kerjakan dengan teliti, serius dan penuh tanggung jawab ya serta cek kembali sebelum dilaporkan kepada Bapak/Ibu guru.! Semangat!!
Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.
Selamat mengerjakan anak-anak hebat!
Kegiatan 2
Anak-anak hebat bagaimana mengerjakan latihan soalnya? Mantapp ya tentunya.
Nah, untuk membuat kita bugar kembali dan tentunya semangat melakukan aktifitas lain di rumah kita menyanyikan lagu sambil melakukan gerakan sederhana yang kalian ketahui yukk, agar otak kita kembali fresh setelah berfikir, sehat dan badanpun menjadi bugar. Klik link video di bawah ini!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=bUBAL2cdLOc
Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memvideokan kalian ya dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi selanjutnya yaitu Tema 2.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok!
#salamsehat
#salamkompak
#PHBS
EVALUASI PEMBELAJARAN TEMA 1
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP
KELAS 3
Nama : ..............................
Kelas : ……….
No. Absen : .......
I. Kerjakan soal dibawah ini dengan benar dengan memberi tanda silang (x)!
1. Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan. Setiap makhluk hidup memiliki ciri yaitu, kecuali ....
a. Bernapas
b. Bersuara
c. Berkembang biak
d. Peka terhadap rangsang
2. Perhatikan gambar berikut!
Ciri makhluk hidup berdasarkan gambar yaitu ....
a. Tumbuh dan Berkembang
b. Bergerak
c. Membutuhkan makanan
d. Peka terhadap rangsang
3. Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Untuk bertumbuh makhluk hidup membutuhkan ....
a. Makanan dan air
b. Sinar bulan
c. Angin
d. Obat-obatan
4. Perhatikan gambar berikut!
Makanan pada gambar merupakan makanan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh
karena ....
a. Mengandung gula
b. Bergizi dan menyehatkan
c. Mengandung air
d. Mengandung lemak
5. Untuk tumbuh, tanaman memerlukan air.
Kegiatan yang dapat kamu lakukan adalah ....
a. menyiram tanaman secara teratur
b. membersihkan kandang hewan peliharaan
c. membersihkan halaman
d. memberi makan hewan peliharaan
6. Makhluk hidup merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Semua makhluk merupakan kekayaan yang harus kita syukuri. Sikap bersyukur kepada Tuhan termasuk pengamalan sila ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Pertama dan Kelima
7. Tuhan menciptakan makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Dalam perbedaan
kita harus ....
a. Saling menghargai dan menghormati
b. Meminta maaf
c. Berterima kasih
d. Tidak menerima perbedaan
8. Ukuran tubuhmu bertambah tinggi dari kelas 1 sampai kelas 3 ini. Cara kamu mensyukuri proses pertumbuhan adalah dengan ....
a. Berbuat baik kepada orang lain
b. Tolong menolong
c. Bergotong royong
d. Menjaga kesehatan tubuh
9. Kamu melihat temanmu kesulitan membawa barang bawaan.
Sikap yang kamu lakukan adalah ....
a. Tidak menolongnya
b. Melihat saja
c. Memberikan semangat
d. Membantu membawakan barangnya
10. Sikap saling menghormati, menyayangi dan memperlakukan manusia dengan baik merupakan contoh
pengamalan sila ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
11. Perhatikan syair lagu di bawah ini.
Bagian lirik dari lagu di atas yang menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup bergerak adalah ....
a. “cicak-cicak di dinding”
b. “datang seekor nyamuk”
c. “diam-diam merayap”
d. “seekor nyamuk”
12. Perhatikan gambar.
Pada gambar Siti menunjukkan gerakan lemah menurunkan kedua tangan perlahan sambil....
a. menggerakkan jari-jari tangan menirukan air hujan turun
b. bertepuk tangan lima jari
c. mengangkat beban
d. bertepuk tangan sepuluh jari
13. Perhatikan gambar.
Pada gambar Siti mengangkat tangan kanan, lalu tangan kiri dengan kuat seperti ....
a. menggerakkan jari-jari tangan menirukan air hujan turun
b. bertepuk tangan lima jari
c. sedang mengangkat beban
d. bertepuk tangan sepuluh jari
14. Karya seni yang dibuat dengan menempelkan bahan-bahan yang sangat kecil disebut dengan ....
a. Aplikasi
b. Kolase
c. Anyaman
d. Mozaik
15. Perhatikan gambar.
Kerajinan mozaik pada gambar dibuat dengan hiasan ....
a. Daun kering dan Biji-bijian
b. Daun kering
c. Ranting
d. Kertas
16. Bilangan 7.896 dibaca ....
a. Tujuh ribu delapan puluh sembilan enam
b. Tujuh ribu delapan ratus sembilan puluh
c. Tujuh ribu delapan ratus sembilan puluh enam
d. Tujuh ribu delapan ratus sembilan enam
17. Nilai tempat angka 8 pada bilangan 8.342 adalah ....
a. Satuan
b. Puluhan
c. Ratusan
d. Ribuan
18. Susu sapi adalah salah satu contoh makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Bulan Juli perusahaan Pak Edo memproduksi 1.780 kotak susu dan bulan Agustus memproduksi 1.200 kotak susu. Jumlah kotak susu hasil produksi perusahaan pak Edo adalah ....
a. 2.980 buah
b. 3.980 buah
c. 3.080buah
d. 3.098 buah
19. Jika suatu perkebunan apel dapat menghasilkan 575 buah apel dalam satu kali panen. Jumlah buah apel yang akan dihasilkan dalam dua kali panen adalah ....
a. 1.250
b. 1.200
c. 1.150
d. 1.100
20. Siti akan membagi 145 buah jeruk kepada lima orang temannya. Setiap anak mendapat buah jeruk sama banyak. Banyak buah jeruk yang diterima setiap anak adalah ....
a. 29
b. 30
c. 31
d. 32
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar