SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 5 (Pahlawanku)
Sub Tema : 2 (Pahlawanku Kebanggaanku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Matematika
3.3 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.3 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
SBdP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2 Menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengerjakan latihan soal, siswa dapat melakukan pembulatan hasil pengukuran berat dengan tepat. Setelah mendengarkan lagu “Maju Tak Gentar”, siswa dapat menampilkan lagu “Maju Tak Gentar” dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan tepat.
Kegiatan 1
Anak hebat, apakah kalian sudah hafal lagu “Maju Tak Gentar”? Lagu ini sering dinyanyikan untuk mengenang jasa para pahlawan. Anak hebat, hari ini tepat tanggal 10 November merupakan Hari Pahlawan Nasional yang setiap tahunnya diperingati oleh bangsa Indonesia. Hal tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan serta tragedi pada 10 November 1945 di Surabaya. Sudah selayaknya kita sebagai pelajar berusaha mengisi kemerdekaan dengan belajar giat untuk menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan.
Selanjutnya untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, kita menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan nada dan tempo yang tepat ya! Ananda bisa menyimak lagu tersebut pada link di bawah ini!
Sumber : https://youtu.be/7RYGD9foYDQ
Bagaimana anak hebat? Apakah kalian menjadi bersemangat ketika menyanyikan lagu tersebut? Semoga kita selalu bersemangat dalam mengisi kemerdekaan dan meneladani sikap-sikap kepahlawannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas hari ini silahkan kalian menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan memperhatikan nada dan tempo dengan tepat. Selanjutnya kirim ke Bapak/Ibu guru dalam bentuk video/voice note ya!
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah membahas materi pembulatan hasil pengukuran berat. Jika kalian belum paham bisa buka lagi video penjelasannya ya!
Kali ini kita akan latihan soal pembulatan hasil pengukuran berat supaya kalian lebih memahaminya.
Harus diingat ya jika di belakang koma bilangan 0,1,2,3,4 maka dibulatkan ke bawah sedangkan jika di belakang koma bilangan 5,6,7,8,9 maka dibulatkan ke atas.
Silahkan kerjakan soal latihan yang ada di lampiran!
Setelah selesai kirimkan hasil jawabanmu ke Bapak/Ibu Guru ya!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “ Membandingkan dua teks nonfiksi dan perjuangan tokoh pada masa Kerajaan Islam”.
Kalian bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/VJj31t3i-7E
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Lampiran
SOAL LATIHAN
PEMBUALATAN HASIL PENGUKURAN BERAT
Di bawah merupakan data berat badan siswa kelas 4 di SDN Suka Maju.
Dari data di bawah ini, bulatkanlah berat badan siswa ke satuan terdekat, selanjutnya urutkan nama siswa berdasarkan berat badan dari yang teringan sampai terberat setelah dibulatkan!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar