Minggu, 14 November 2021

RPP Kelas 6, Senin 15 November 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas                 : 6 (Enam)

Tema                  : 5. Wirausaha

Sub Tema          : 3. Ayo Belajar Berwirausaha

Semester           : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit

Pembelajaran     : 5



Matematika

3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut,dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.

4.4 Mengidentifikasi bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut,dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.


Ilmu Pengetahuan Sosial

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat menghitung volume kubus dan balok; menganalisis peran Indonesia dalam ekspor dan impor dalam kerjasama bidang ekonomi ASEAN



Kegiatan 1

Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat. Ananda yang hebat, bangun ruang adalah bangun tiga dimensi yang mempunyai ruang/isi atau kapasitas ruang yang bisa diisi atau ditempati oleh zat atau benda cair, padat, atau gas. Isi/kapasitas suatu bangun ruang biasa disebut dengan volume. Contoh bangun ruang atau objek yaitu akuarium, bak mandi, lemari dan berbagai benda lain yang mempunyai bentuk seperti bangun ruang. Bagaimanakah cara menghitung volume bangun ruang kubus dan balok? Untuk mandalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.


Sumber : https://youtu.be/G-9MbtS6Ubc

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan? Sebagai evaluasi, silakan Ananda Kerjakan soal-soal yang ada pada bagian akhir video tersebut.

Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya, agar Ananda dapat mengerjakannya dengan benar. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu guru. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. 

Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.


Kegiatan 2

Ananda yang hebat, apakah Kalian tahu negara mana yang memproduksi Hand phone yang sedang kalian pakai saat ini? Iya betul negara China. Lalu, mengapa Hand phone bisa berada di negara Indonesia? Ya, tentu saja karena Indonesia telah mengimpor Hand phone tersebut dari negara lain. Hubungan perdagangan antarnegara saat ini tidak terelakkan karena tidak ada negara yang sanggup mencukupi kebutuhannya sendiri. Negara lain pun akan membeli barang dari Indonesia bila negera tersebut membutuhkan barang yang diproduksi oleh Indonesia. Barang-barang yang diperjual belikan antarnegara disebut komoditas. Apa saja komoditas yang diimpor Indonesia atau yang diekspor oleh Indonesia ke negara lain? Untuk membahas hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.



Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Y2kiXaG_JrQ&t=89s

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan? Sebagai bahan evaluasi, Jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Jelaskan perbedaan ekspor dengan impor!

2. Jelaskan mengapa Indonesia mengimpor Hand phone dari negara lain?

3. Jelaskan pengertian komoditas!

4. Sebutkan komoditas ekspor Indonesia bidang peternakan dan perikanan!

5. Indonesia sebaiknya lebih banyak mengekspor barang atau mengimpor barang? Jelaskan alasanmu! 

Kerjakan dengan tekun dan bersungguh-sungguh ya. Bila sudah selesai, jangan lupa kirim kepada Bapak/Ibu guru. 

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Namun, hari Selasa nanti, kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu cara membuat buklet sederhana. Silakan Ananda pelajari terlebih dahulu pada link berikut


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=et4f5_3ruaU

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, Wassalamu alaikum wr. Wb.


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar