SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : IV
Tema : 5. Pahlawanku
Sub Tema : 3. Sikap Kepahlawanan
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Ilmu Pengetahuan Alam
3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya.
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca teks nonfiksi, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang periskop sederhana dengan penuh tanggung jawab.
Kegiatan 1
Anak-anak hebat, Setelah
mengetahui perjuangan para pahlawan, sikap apakah yang dapat kamu tiru dari
mereka? Apakah sikap kepahlawanan itu hanya ditunjukkan pada masa perjuangan
melawan penjajah saja? Adakah tokoh-tokoh pada masa sekarang yang tindakan
mencerminkan sikap kepahlawanan?
Mari kita cari tahu bersama dengan membaca tekstentang sikap kepahlawanan dari penjaga pintu kereta api pada tautan di bawah ini!
Nah Anak-anak hebat,
berdasarkan informasi pada teks tersebut, jawablah pertanyaaan-pertanyaan
berikut ini!
1.Apa
yang diceritakan pada teks tersebut?
2.Bagaimana
pendapatmu tentang pekerjaan Gimin?
3.Apa
sikap kepahlawanan yang dapat kamu pelajari dari sosok Gimin?
4.Tuliskanlah kembali cerita
tersebut secara singkat dengan bahasamu sendiri!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 1
Anak-anak hebat,sikap
kepahlawanan pun dimiliki oleh mereka yang bekerja di kapal selam. Mereka
menjaga perairan Indonesia tetap terjaga dari gangguan orang-orang yang tidak
bertanggung jawab.
Biasanya kapal selam
menggunakansebuah alat bernama periskopuntuk melihat keadaan sekeliling
permukaan laut. Periskop ini memanfaat sifat cahaya berupa pemantulan.
Anak-anak hebat, kita juga bisa membuat perisop sederhana sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Simak video berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/-TfNA7yhCGE
Setelah melakukan percobaan
membuat perioskop, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.Apa yang kamu temukan dalam
percobaan ini?
2.Bagaimana bayangan yang
dihasilkan periskop?
3.Apa kesimpulan yang kamu
peroleh tentang percobaan ini?
4.Di manakah prinsip kerja
periskop ini kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari?
Nah, selanjutnya buatlah laporan percobaanmu!
Kerjakanlah pada buku tulismu,
kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!Kirimkan juga
swafotomu dengan periskop buatanmu ya!
Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajaryang lebih seru, yaitu tentang Bung Tomo Pembulatan Satuan Panjang. Berikut ini link materinya:
Sumber : https://youtu.be/I-9zSHXGk8Y
Pelajari dulu ya sebagai bahan
diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaranberikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar