Selasa, 16 November 2021

RPP Kelas 4, Rabu 17 November 2021

 SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : IV

Tema             : 5. Pahlawanku

Sub Tema      : 3. Sikap Kepahlawanan

Semester         : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 

3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi. 

4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.


Ilmu Pengetahuan Alam 

3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan. 

4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya.


Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca teks nonfiksi, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang periskop sederhana dengan penuh tanggung jawab.


Kegiatan 1

Anak-anak hebat, Setelah mengetahui perjuangan para pahlawan, sikap apakah yang dapat kamu tiru dari mereka? Apakah sikap kepahlawanan itu hanya ditunjukkan pada masa perjuangan melawan penjajah saja? Adakah tokoh-tokoh pada masa sekarang yang tindakan mencerminkan sikap kepahlawanan?

Mari kita cari tahu bersama dengan membaca tekstentang sikap kepahlawanan dari penjaga pintu kereta api pada tautan di bawah ini!

https://tinyurl.com/5656c4vm

Nah Anak-anak hebat, berdasarkan informasi pada teks tersebut, jawablah pertanyaaan-pertanyaan berikut ini!

1.Apa yang diceritakan pada teks tersebut?

2.Bagaimana pendapatmu tentang pekerjaan Gimin?

3.Apa sikap kepahlawanan yang dapat kamu pelajari dari sosok Gimin?

4.Tuliskanlah kembali cerita tersebut secara singkat dengan bahasamu sendiri!

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!



Kegiatan 1

Anak-anak hebat,sikap kepahlawanan pun dimiliki oleh mereka yang bekerja di kapal selam. Mereka menjaga perairan Indonesia tetap terjaga dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya kapal selam menggunakansebuah alat bernama periskopuntuk melihat keadaan sekeliling permukaan laut. Periskop ini memanfaat sifat cahaya berupa pemantulan.

Anak-anak hebat, kita juga bisa membuat perisop sederhana sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Simak video berikut ini!


Sumber : https://youtu.be/-TfNA7yhCGE

Setelah melakukan percobaan membuat perioskop, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.Apa yang kamu temukan dalam percobaan ini?

2.Bagaimana bayangan yang dihasilkan periskop?

3.Apa kesimpulan yang kamu peroleh tentang percobaan ini?

4.Di manakah prinsip kerja periskop ini kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari?

 

Nah, selanjutnya buatlah laporan percobaanmu!



Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!Kirimkan juga swafotomu dengan periskop buatanmu ya!

Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajaryang lebih seru, yaitu tentang Bung Tomo Pembulatan Satuan Panjang. Berikut ini link materinya:


Sumber : https://youtu.be/I-9zSHXGk8Y

Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaranberikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar