SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 5 (Ekosistem)
Sub Tema : 2 (Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Jumat, 12 November 2021
Kompetensi Dasar
IPA
3.5 Menganalisi hubungan antar ekosistem dan jaring-jaring makanan di ingkungn sekitar
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
Bahasa Indonesia
3.3 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
4.3 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat membuat diagram rantai makanan dan naskah iklan media elektronik dengan percaya diri dan teliti.
Kegiatan 1
Halo Ananda apa kabar hari ini?
Semoga selalu sehat dan bahagia.
Ananda, Apa sarapan pagimu hari ini? Adakah di antaramu yang sarapan dengan telur ayam? Lezat, bukan? Salah satu manfaat sarapan adalah memberikan energi bagimu untuk beraktivitas pada hari itu. Telur merupakan salah satu makanan protein yang sangat berguna bagi kesehatan tubuhmu. Ketika kita memakan telur ayam saat sarapan, kita mendapatkan energi dari telur ayam tersebut.
Tahukah Ananda, ketika Ananda makan buah atau sayuran, kalian mengambil energy yang tersimpan dalam tumbuhan tersebut. Ketika Ananda makan ikan, ayam, atau daging, kalian mengambil energy yang tersimpan dalam hewan-hewan tersebut.
Ananda, Kemarin sudah membaca tentang teks terkait rantai makanan pada tautan link yang dikirimkan.
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup. Bagaimana proses hal tersebut terjadi ?
Sekarang ayo simak video berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/EVyxOv6pi34
Tugas Ananda adalah :
1. Tentukan rantai makanan yang ada pada sebuah ekosistem. Atau Ananda dapat membuat gambar rantai makanan seperti contoh pada video yang telah disimak!
2. Setelah selesai, Jelaskan rantai makananmu melalui video atau voice note! Ananda dapat melihat pada keterangan contoh video di lampiran!
Kegiatan 2
Terimakasih Ananda yang sudah menyelesaikan tugas pertamanya.
Ananda memang hebat.
Ananda, Ayo ingat kembali apa itu iklan? Iklan merupakan media informasi yang dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat khalayak. Lalu apa fungsi iklan media elektronik?
Untuk membuat iklan komersial pada media elektronik, pertama-tama kita harus punya ide yang merupakan latar belakang suatu konsep kreatif. Kemudian merancangnya salah satu caranya adalah dengan membuat naskah iklan media elektronik terlebih dahulu. Sekarang simak contoh naskah iklan media elektronik beserta contoh iklannya pada video berikut!
Sumber : https://youtu.be/SERWsz-yUYc
Bagaimana Ananda videonya seru sekali bukan?
Tugas Ananda sekarang adalah:
1. Buatlah naskah iklan media elektronik!
2. Praktikkan contoh iklan sesuai dengan naskah iklan media elektronik yang telah Ananda buat!
Videokan tugas Ananda dan Kirimkan hasilnya ke WAG kelas. Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu
https://pintarinah.blogspot.com/2021/11/rantai-makanan-dan-jaring-jaring-makanan.html
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa minggu depan!
Lampiran
Keterangan tentang rantai makanan di atas sebagai berikut.
1. Tumbuhan memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Jenis makanan yang diproduksi oleh tumbuhan berupa gula. Oleh tumbuhan, makanan dapat disimpan dalam bentuk biji, batang, buah, dan akar.
2. Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivor atau pemakan tumbuhan. Makanan yang dimakan hewan tersebut akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi. Contoh: konsumen tingkat I adalah tikus.
3. Konsumen tingkat II merupakan hewan karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Jadi, konsumen tingkat I merupakan sumber energi bagi konsumen tingkat II agar dapat bertahan hidup. Contoh: hewan konsumen tingkat II adalah ular.
4. Konsumen tingkat III memakan konsumen tingkat II. Contoh: hewan konsumen tingkat III adalah burung elang.
5. Pada saat konsumen tingkat III mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan, tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Hasil penguraian ini kemudian akan diubah oleh mikroorganisme dalam tanah untuk menjadi sumber makanan bagi tumbuhan, seperti rumput.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar