SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 1 (Satu)
Tema : 4. Keluargaku
Sub Tema : 3 ( Keluarga Besarku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Kamis, 11 November 2021
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri dan keluarga secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.6 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri dan keluarga secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis.
PJOK
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan.
SBDP
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat dapat mempraktikkan gerak lokomotor melompat satu arah; menuliskan nama panggilan paman dan bibi berdasarkan daerah; serta menggambar foto keluarga dengan benar dan percaya diri.
Kegiatan 1
Anak-anak, dapat berkumpul bersama keluarga besar pasti sangat menyenangkan.
Kita bisa bertemu dengan kakek, nenek, paman, bibi, dan sepupu.
Banyak kegiatan yang dapat kita lakukan bersama keluarga besar kita.
Salah satunya adalah bermain lompat kelompok.
Lompat kelompok merupakan salah satu gerak lokomotor.
Karena kondisi masih pandemi, anak-anak praktikkan bersama anggota keluarga di rumah saja ya!
Anak-anak bisa saksikan video berikut untuk mengetahui gerakannya!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=s_0GVJXLKyM
Anak-anak tadi sudah mengenal beberapa nama panggilan untuk kakek dan nenek berdasarkan daerah masing-masing.
Sekarang, anak-anak tulis nama panggilan untuk paman dan bibi sesuai daerah kalian masing-masing ya!
Selamat mengerjakan anak- anak!
Kegiatan 2
Anak-anak kemarin sudah membuat pohon silsilah keluarga menggunakan alat gambar.
Alat gambar yang bisa kita gunakan yaitu krayon, pensil warna, spidol, cat warna, dan lain-lain.
Selain itu, anak-anak bisa menggunakan alat gambar lain yang anak-anak punya di rumah, ya.
Nah, sekarang anak-anak gambar foto keluarga kalian!
Gambar sebisa anak-anak, ya! Warnai yang bagus, ya!
Selamat mengerjakan anak-anak!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “cerita pengalaman beribadah dan alat ukur tidak baku”. Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Lampiran materi berikutnya (Jumat, 12 November 2021)
Anak-anak amati gambar dan baca teks berikut ya!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar