SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 4. Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.
SBDP
3.4 Mengenal prosedur teknik potong, lipat, sambung.
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, sambung.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran dari teks berjudul “Di Kantor Kelurahan” dengan tepat; peserta didik dapat mengurangkan pecahan berpenyebut sama dengan benar; peserta didik dapat membuat kreasi seni membuat topi dengan teknik melipat dengan unik, menarik dan terampil dalam membuat karya.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Anak-anak pada pembelajaran
sebelumnya kalian sudah dapat menemukan kalimat masalah dan membuat kalimat
penyelesaian masalah, pengurangan berpenyebut sama dan seni melipat kertas.
Adakah yang tahu kita akan mempelajari apa hari ini? Hebat!
Nah, untuk mengetahuinya lebih jelaspembelajaran hari ini, simak video berikut yuk!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=TBO5YwSek6Q
Sekarang, bacalah teks berjudul
“Di Kantor Kelurahan” di bawah ini! (Terlampir).
Setelah itu, tuliskan kalimat
saran berdasarkan teks tulis tersebut!
Kegiatan 2
Kalian hebat sudah dapat
membuat kalimat saran berdasarkan teks tulis dengan tepat!
Pernahkah kamu melihat karya
dari kertas berupa bentuk atau menyerupai bentuk aslinya seperti, hewan, tumbuhan, atau alat
transportasi? Karya tersebut dinamakan seni melipat kertas. Seni melipat kertas
juga biasa disebut dengan origami.
Nah selanjutnya, buatlah
kembali topi menggunakan origami/kertas koran atau kertas hvs. Buatlah dengan
unik, menarik dan rapi sertasesuai dengan ukuran kepalamu sehingga dapat
dipakai.
Kemudian,jangan lupa untuk
memfotohasil karyamudan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.
Dalam kehidupan sehari-hari,
kita sering menemukan masalah yang berkaitan dengan pengurangan pecahan
berpenyebut sama. Untuk menyelesaikannya, kita perlu mengurangkan pembilangnya
saja sedangkan penyebutnya tetap.
Selanjutnya, kerjakan latihan
operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama berikut! (Terlampir).
Kemudian jangan lupa untuk
memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai jumpa
besok!
#salamsehat
#salamkompak
#PHBS
Lampiran Matematika
Kerjakan latihan soal berikut!
Lampiran Bahasa Indonesia
Di Kantor Kelurahan
Siti sangat senang dapat ke sekolah lagi. Siti sudah tidak demam. Siti dan teman-temannya mengunjungi kantor kelurahan. Mereka mengajukan permintaan bibit pohon angsana. Mereka membawa surat dari sekolah. Pak Lurah sangat senang dikunjungi anak-anak. Beliau menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan.
Lingkungan harus bersih dan hijau. Setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat. Pak Lurah memberikan anak-anak beberapa bibit pohon angsana untuk ditanam. Anak-anak merasa sangat senang menerima bibit pohon angsana tersebut. Tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Lurah. Mereka berjanji untuk menanam dan merawat pohonnya dengan baik.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar