Rabu, 17 November 2021

RPP Kelas 4, Kamis 18 November 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas         : 4 (Empat)

Tema         : 5 (Pahlawanku)

Sub Tema : 3 (Sikap Kepahlawanan)

Semester  : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

MATEMATIKA 

3.3 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat. 

4.3 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.


IPS 

3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. 

4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.


Tujuan Pembelajaran

Melalui praktik mengukur lingkar kepala, siswa dapat melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dengan tepat.

Melalui video penjelasan mengenai sikap kepahlawanan Bung Tomo, siswa dapat mengidentifikasi sikap kepahlawanan Bung Tomo daan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.



Kegiatan 1

Anak hebat, pertemuan sebelumnya kalian sudah belajar tentang pembulatan hasil pengukuran panjang. Hari ini, kita akan mempraktikkan pembulatan hasil pengukuran panjang dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan kegiatan yang ada di lampiran.

Silahkan lakukan kegiatan tersebut dengan teliti, disiplin, dan tanggung jawab!

Tuliskan tabel hasil praktik pengukuran panjangmu di buku tulis dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Selamat mengerjakan!


Kegiatan 2

Anak hebat, apakah kalian mengenal sosok Bung Tomo? Bung Tomo merupakan pahlawan nasional yang terkenal dengan pidato atau orasi-orasinya yang bisa membangkitkan semangat rakyat Indonesia melawan tantara sekutu pada pertempuran 10 November 1945. Beliau menyampaikan orasi-orasinya untuk menyemangati rakyat melalui siaran Radio Republik Indonesia (RRI).

Untuk lebih jelasnya masri kita perhatikan video penjelasan pada link berikut ini!


Sumber : https://youtu.be/I-9zSHXGk8Y

Bagaimana anak hebat, luar biasa sekali ya perjuangan Bung Tomo!

Untuk mengukur pemahamanmu mengenai materi tersebut, kerjakan evaluasi pada link berikut ini ya!

https://forms.gle/kUNv6GrWX6VkGMC28

Setelah selesai, silahkan screenshot skor perolehanmu dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “Sultan Iskandar Muda dan soal cerita pembulatan satuan berat”.

Ananda bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!

https://tinyurl.com/2eszmvvp

Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!


Keterampilan Kinerja Praktik

Melakukan Pengukuran Panjang Lingkar Kepala

Siapkan: seutas tali rafiah, penggaris, dan gunting.

Langkah kegiatan:

1. Lakukan kegiatan dengan bekerja sama dengan anggota keluargamu.

2. Ukurlah lingkar kepalamu dengan tali rafiah. Potonglah tali sesuai dengan lingkar kepalamu. Hati-hati ketika menggunakan gunting.

3. Ukurlah tali yang telah kamu potong tersebut menggunakan penggaris. Tuliskan hasilnya ke dalam tabel seperti berikut ini.

4. Ulangilah kegiatan yang sama dengan mengukur anggota keluarga yang lainnya.

5. Setelah selesai, lakukanlah pembultan hasil pengukuran panjang tersebut ke satuan terdekat.

Diskusikan:

1. Siapa yang memiliki lingkar kepala paling panjang?

2. Siapa yang memiliki lingkar kepala paling pendek?

3. Adakah di antara anggota keluargamu yang memiliki lingkar kepala sama panjang?


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar