SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 1 (Satu)
Tema : 4. Keluargaku
Sub Tema : 3 ( Keluarga Besarku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Jumat, 12 November 2021
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri dan keluarga secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.6 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri dan keluarga secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis.
PPKn
1.3 Menerima keberagaman karateristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karateristik individu di rumah.
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah.
Matematika
3.6 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret.
4.6 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menceritakan pengalaman ibadah bersama keluarga; mengukur benda dengan alat ukur tidak baku dengan benar dan percaya diri.
Kegiatan 1
Apakah anak-anak senang ketika berkumpul dengan keluarga?
Pastinya senang ya, karena banyak hal yang bisa kita lakukan bersama keluarga.
Walaupun kadang berbeda, namun itulah indahnya keragaman keluarga.
Anak-anak yuk, baca cerita berikut!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=JaI_Zx982Ls& t=3s
Dicerita tadi, ada pengalaman beribadah bersama keluarga.
Ibadah adalah wujud rasa syukur kita kepada Tuhan. Beribadah berbeda-beda disesuaikan dengan agama yang dianutnya.
Dengan beribadah hati menjadi tenang.
Anak-anak tuliskan cerita pengalaman beribadah bersama keluarga ya!
Tulis ceritanya di buku kalian, voicennote juga boleh!
Selamat mengerjakan anak-anak!
Kegiatan 2
Anak-anak sudah melihat cara mengukur benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku.
Kita bisa menngunakan benda apa saja yang penting ukuran panjangnya sama.
Anak-anak sekarang boleh mengukur benda-benda di rumah menggunakan alat yang anak-anak punya di rumah ya, tulis hasilnya di buku tulis kalian!
Tulis di buku kalian ya nak!
Benda apakah yang paling tinggi?_______________
Benda apakah yang paling pendek?______________
Apakah alat sederhana yang kamu gunakan tepat untuk mengukur panjang benda?_________________
Selamat mengerjakan anak-anak!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “membuat suatu karya dan cerita liburan keluarga”. Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Lampiran materi berikutnya (Senin, 15 November 2021)
Anak-anak amati gambar dan baca teks berikut ya!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar