SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 2. Kewajiban dan Hakku di Sekolah
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
PPKn
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
4.2 Menuliskan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran berdasarkan teks berjudul “Setiap Orang Ingin Didengar dengan tepat”; peserta didik dapat membandingkan dua pecahan dengan penyebut yang sama dan pembilang sama dengan benar. peserta didik dapat menuliskan daftar pengalaman melaksanakan hak dan kewajiban di kelas dengan tanggung jawab.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum,
selamat pagi dan semangat pagi anak-anak hebat.
Semoga selalu sehat,
semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Pada pembelajaran lalu, kalian sudah mempelajari cara membandingkan dua pecahan baik penyebut sama atau pembilang sama. Ayo, ingat kembali dengan menyimak video berikut!
Bagaimana, sudah
mengingatnya dan paham kan nak!
Jika belum paham,
kalian bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah
ya.
Setelah
menontonvideo, kerjakan latihan soal membandingkan pecahan dengan memberi tanda
“>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari)dan “=” (sama dengan).(Terlampir)
Kerjakan di buku
tulismu!
Kemudian minta tolong
kepada Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada
Bapak/Ibu guru.
Selamat mengerjakan anak-anak hebat!
Kegiatan 2
Kalimat saran dapat muncul setelah ada kalimat masalah. Kalimat saran biasanya Untuk mengetahui tentang kalimat saran dalam teks. Simak video berikut yuk!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=pyqcuEmjFFA
Selanjutnya, jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan teks berjudul “Setiap Orang Ingin Didengar“pada video yang sudah
kalian dengar di atas!
1.Tuliskan kalimat saran yang terdapat pada tekstersebut!(minimal
3)
2.Apa maksud kalimat
saran yang sudah kamu tuliskan pada soal nomor 1?
Kerjakan di buku
tulismu ya!
Kemudian minta tolong
kepada Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepada
Bapak/Ibu guru.
Selanjutnya, pada
pembelajaran lalu kita sudah mempelajari apa saja hak dan kewajiban yang perlu
dilakukan agar sekolah menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar. Apakah
kamu sudah melaksanakan kewajiban tersebut dengan baik?
Nah sekarang, buatlah daftar pengalaman kalian melaksanakan kewajiban di kelas dan hak yang kalian dapatkan setelah melaksanakan kewajiban tersebut. Tuliskan pada tabel berikut!
Jangan lupa untuk
memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaan mu kepada Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.
Jangan lupa ucapkan
terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah
hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca
doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai
jumpa besok!
#salamsehat#salamkompak#PHBS
Lampiran Matematika
Kerjakan soal-soal berikut!
Bandingkan kedua pecahan berikut dengan memberi tanda “>“ (lebih dari) atau “<“ (kurang dari).
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar