Senin, 01 November 2021

RPP Kelas 3, 2 November 2021

 SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas : III

Tema : 4. Kewajiban dan Hakku

Sub Tema : 2. Kewajiban dan Hakku di Sekolah

Semester : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

PPKn 

1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga. 

3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga. 

4.2 Menuliskan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.


Bahasa Indonesia 

3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis. 

4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.


Matematika 

3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan. 

4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran berdasarkan teks berjudul “Setiap Orang Ingin Didengar dengan tepat”; peserta didik dapat membandingkan dua pecahan dengan penyebut yang sama dan pembilang sama dengan benar. peserta didik dapat menuliskan daftar pengalaman melaksanakan hak dan kewajiban di kelas dengan tanggung jawab.


Kegiatan 1

Haiii,...

Assalamualaikum, selamat pagi dan semangat pagi anak-anak hebat.

Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.

Pada pembelajaran lalu, kalian sudah mempelajari cara membandingkan dua pecahan baik penyebut sama atau pembilang sama. Ayo, ingat kembali dengan menyimak video berikut!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Jmmy73ZXlLM

Bagaimana, sudah mengingatnya dan paham kan nak!

Jika belum paham, kalian bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.

Setelah menontonvideo, kerjakan latihan soal membandingkan pecahan dengan memberi tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari)dan “=” (sama dengan).(Terlampir)

Kerjakan di buku tulismu!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Selamat mengerjakan anak-anak hebat!


Kegiatan 2

Kalimat saran dapat muncul setelah ada kalimat masalah. Kalimat saran biasanya Untuk mengetahui tentang kalimat saran dalam teks. Simak video berikut yuk!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=pyqcuEmjFFA

Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan teks berjudul “Setiap  Orang Ingin Didengar“pada video yang sudah kalian dengar di atas!

1.Tuliskan kalimat saran yang terdapat pada tekstersebut!(minimal 3)

2.Apa maksud kalimat saran yang sudah kamu tuliskan pada soal nomor 1?

 

Kerjakan di buku tulismu ya!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.

Selanjutnya, pada pembelajaran lalu kita sudah mempelajari apa saja hak dan kewajiban yang perlu dilakukan agar sekolah menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar. Apakah kamu sudah melaksanakan kewajiban tersebut dengan baik?

Nah sekarang, buatlah daftar pengalaman kalian melaksanakan kewajiban di kelas dan hak yang kalian dapatkan setelah melaksanakan kewajiban tersebut. Tuliskan pada tabel berikut!



Jangan lupa untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaan mu kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untuk membaca materi untuk pembelajaran selanjutnya pada link berikut.

https://tinyurl.com/3cr9ay7j

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

#salamsehat#salamkompak#PHBS


Lampiran Matematika

Kerjakan soal-soal berikut!

Bandingkan kedua pecahan berikut dengan memberi tanda “>“ (lebih dari) atau “<“ (kurang dari).




Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


0 comments:

Posting Komentar