Senin, 01 November 2021

RPP Kelas 4, 2 November 2021

 SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas : 4 (Empat)

Tema : 5 (Pahlawanku)

Sub Tema : 2 (Pahlawanku Kebanggaanku)

Semester : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

IPA 

3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan. 

4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya.


IPS 

3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. 

4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.


Tujuan Pembelajaran

Setelah membuat jam matahari, siswa dapat menerapkan sifat cahaya hanya dapat menembus benda bening dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Setelah memperhatikan video tentang Sultan Hasanuddin, siswa dapat mengidentifikasi tokoh dan peninggalan Kerajaan Islam di Nusantara dengan tepat.



Kegiatan 1

Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah belajar beberapa tokoh dan peninggalan Kerajaan Hindu-Budha di Nusantara. Nah, kali ini kita akan belajar tokoh dan peninggalan Kerajaan Islam di Nusantara. Salah satu tokoh dari Kerajaan Islam di Nusantara yaitu Sultan Hasanuddin dari Kerajaan Islam Gowa-Tallo di Makassar, yang oleh Belanda dijuluki “Ayam Jantan dari Timur”. Bagaimana kisah lengkapnya? Mari kita perhatikan pada video penjelasan di bawah ini!


Sumber : https://youtu.be/wm7AAgl5n2A

Sebagai tambahan pengetahuan Ananda juga dapat membaca di buku tema 5 subtema 2 pembelajaran 1. Selanjutnya, silakan Ananda jawab pertanyaan di bawah ini supaya lebih memahami materi ini!

1. Siapa nama tokoh yang terkenal dari Kerajaan Islam Gowa-Tallo?

2. Di manakah letak Kerajaan Islam Gowa-Tallo?

3. Kapan Sultan Hasanuddin dilahirkan?

4. Bagaimana upaya yang dilakukan Sultan Hasanuddin dalam melawan penjajahan Belanda?

5. Mengapa Sultan Hasanuddin dijuluki “Ayam Jantan dari Timur”?

6. Sikap apa saja yang perlu kalian teladani dari perjuangan Sultan Hasanuddin?

Kerjakan di buku tulismu, setelah selesai foto dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya! Selamat mengerjakan!




Kegiatan 2

Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah melakukan percobaan sifat-sifat cahaya. Sifat-sifat cahaya yang telah kita pelajari yaitu: cahaya dapat merambat lurus, cahaya dapat menembus benda bening, cahaya dapat dibiaskan, dan cahaya dapat dipantulkan. Kali ini Ananda akan belajar penerapan sifat cahaya hanya dapat menembus benda bening dalam kehidupan sehari-hari melalui membuat jam matahari.

Silakan Ananda perhatikan video tutorial berikut ini!


Sumber : https://youtu.be/NDz-MYSIwcM

Bagaimana anak hebat cukup mudah ya membuat jam matahari. Silakan kalian membuat jam matahari dan uji cobalah jam mataharimu di bawah terik matahari. Selanjutnya buatlah laporan hasil percobaan dengan mengikuti format berikut ini!

Kerjakan di buku tulismu, jika sudah selesai fotolah jam mataharimu di bawah terik matahari dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru beserta laporan hasil percobaanya!

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “teks nonfiksi dan makna dan nilai-nilai sila kelima Pancasila”.

Kalian bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!


Sumber : https://youtu.be/Rl1Ldc0mn2o

Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa.


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


0 comments:

Posting Komentar