SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 5. Wirausaha
Sub Tema : 2 (Usaha di Sekitarku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
IPA
3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan seharihari.
4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
PPKN
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat mengidentifikasi benda magnetis dan non magnetis ; Menjelaskan manfaat keberagaman wirausaha
Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb.
Selamat Pagi anak-anak cerdas. Apa khabar Ananda semua? Semoga Ananda semua senantiasa sehat ya. Tetaplah rajin dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Anak cerdas, perhatikan benda disekitarmu. Seperti yang pernah dipelajari pada pembahasan sebelumnya, bahwa magnet memiliki kemampuan untuk menarik benda-benda yang ada di sekitarmu. Namun tidak semua benda mampu ditarik oleh magnet. Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet, disebut benda-benda magnetis. Sementara benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda non magnetis.
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari benda-benda apa saja yang termasuk benda-benda magnetis dan benda-benda non magnetis.
Untuk lebih mendalami materi tersebut, silahkan Ananda simak pembahasannya pada link video berikut ini :
Sumber : https://youtu.be/aBBWzFxZz10
Bagaimana anak cerdas Setelah menyimak video di atas? Ananda tentunya sudah lebih memahami materi tentang benda-benda magnetis dan non magnetis. Sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal yang terdapat pada lampiran di halaman berikutnya.
Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui WA.
Kami sampaikan terima kasih untuk Ananda yang mengerjakan tugas tepat waktu serta ucapan terimakasih kepada Ayah/Bunda yang membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Wirausaha adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan yang dilakukan secara mandiri dengan menggunakan sumber-sumber yang dimiliki oleh si pelaku kegiatan usaha tersebut.
Jenis kegiatan wirausaha yang ada di sekitar kita sangatlah beragam. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan masyarakat dan perbedaan kondisi geografis suatu wilayah yang berbeda. Setiap jenis wirausaha akan membawa manfaat baik untuk pelaku wirauasahanya itu sendiri maupun bagi orang lain
Seorang wirausahawan harus memiliki sikap Kerja keras dan pantang menyerah dalam menjalankan usahanya.
Apa saja jenis-jenis wirausaha yang ada dimasyarakat dan apa pula manfaat dari adanya kegiatan wirausaha tersebut ?. Untuk mendalami materi tersebut, silahkan Ananda simak penjelasannya pada link video berikut ini. Jangan lupa mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://youtu.be/83kKih_t8t0
Bagaimana penjelasan pada video tersebut, menarik bukan? Selanjutnya sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal yang berada pada bagian akhir tayangan video tersebut. Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya.
Anak-anak cerdas pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu materi Muatan Pelajaran IPS tentang Komoditas Ekspor dan Impor Indonesia. Pelajari dan bacabaca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=GaW1xOJhT3k
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar