Rabu, 20 Oktober 2021

RPP Kelas 3, Kamis 21 Oktober 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : III

Tema             : 4. Kewajiban dan Hakku

Sub Tema      : 1. Kewajiban dan Hakku di Rumah

Semester       : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis. 

4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.

Matematika

3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.

4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.


SBdP

3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia.

4.2 Menampilkan bentuk dan variasi pola irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia.



Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video, peserta didik dapat menulis masalah dan penyelesaian masalah (sederhana) berkaitan dengan tubuh yang sehat dengan tepat; peserta didik dapat menentukan nama dan lambang pecahan dari benda konkret dengan benar; peserta didik dapat memeragakan pola irama sederhana dalam lagu dengan tepukan, jenttik jari, dan hentakan kaki dengan tepat.



Kegiatan 1

Haiii,...

Assalamualaikum, selamat pagi dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️

Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.

Anak-anak, pada pembelajaran lalu kamu sudahbelajar mengenai kalimat saram.

Hari ini kamu akan belajar kalimat penyelesaian masalah dalam teks yang berkaitan dengan tubuh yang sehat.

Apakah kamu sudah siap?

Saksikan video berikut, yuk!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=TeueKYjF94A

Bagaimana,sudah paham dengan materi hari ini kananak-anak?Jika belum paham, kalian bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.

Selanjutnya,kerjakan latihan berikut yuk!

Amati kembali teks yang ada pada dan jawablah pertanyaan berikut ini!

1.Masalah apa yang dihadapi anak-anak berdasarkan teks tersebut?

2.Tuliskan empat cara menyelesaikan masalah berdasarkan teks!


Kerjakan di buku tulismu!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untukmemfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Semangat mengerjakan anak-anak hebat!



Kegiatan 2

Pola irama dapat diciptakan dengan alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada. Contoh alat musik ritmis adalah gendang, rebana, tamborin, drum, marakas, dsb. Alat musik ritmis juga dapat diciptakan dengan anggota tubuh seperti tepuk tangan, jentik jari, dan hentakan kaki.

Selanjutnya, klik link di bawah ini!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Pk0ep96I9Jc


Kalian peragakan cara bernyanyi tersebut diiringi dengan gerakan anggota tubuh seperti tepuk tangan, jentik jari, dan hentakan kaki.

Kemudian minta tolong kepadaAyah/Bunda untuk memvideokanmu saat memeragakannya dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak apakah kamu masih ingat dengan pecahan? Bagus!

Pecahan adalah bagian dari keseluruhan. Lambang pecahan ditulis dengan pembilang per penyebut. Nah, supaya lebih jelas lagi mengenai pecahan, simak video berikut ya!



Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kpQhFBP9hzM

Nah sekarang, amati soal latihan dan kerjakan soal-soal tersebut untuk mengetahui pemahamanmu! (Terlampir).

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untukmembaca materi untuk pembelajaran selanjutnyapada tautan di bawah ini.

https://tinyurl.com/2knc9eym

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

#salamsehat

#PHBS



Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


0 comments:

Posting Komentar