SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 1. Kewajiban dan Hakku di Rumah
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan.
SBdP
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia.
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi pola irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menulis masalah dan penyelesaian masalah (sederhana) berkaitan dengan tubuh yang sehat dengan tepat; peserta didik dapat menentukan nama dan lambang pecahan dari benda konkret dengan benar; peserta didik dapat memeragakan pola irama sederhana dalam lagu dengan tepukan, jenttik jari, dan hentakan kaki dengan tepat.
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi
dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️
Semoga selalu sehat, semangat,
dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.
Anak-anak, pada pembelajaran
lalu kamu sudahbelajar mengenai kalimat saram.
Hari ini kamu akan belajar
kalimat penyelesaian masalah dalam teks yang berkaitan dengan tubuh yang sehat.
Apakah kamu sudah siap?
Saksikan video berikut, yuk!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=TeueKYjF94A
Bagaimana,sudah paham dengan
materi hari ini kananak-anak?Jika belum paham, kalian bisa bertanya kepada
Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah ya.
Selanjutnya,kerjakan latihan
berikut yuk!
Amati kembali teks yang ada pada dan jawablah pertanyaan berikut ini!
1.Masalah apa yang dihadapi
anak-anak berdasarkan teks tersebut?
2.Tuliskan empat cara
menyelesaikan masalah berdasarkan teks!
Kerjakan di buku tulismu!
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untukmemfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru.
Semangat mengerjakan anak-anak hebat!
Kegiatan 2
Pola irama dapat diciptakan
dengan alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada.
Contoh alat musik ritmis adalah gendang, rebana, tamborin, drum, marakas, dsb.
Alat musik ritmis juga dapat diciptakan dengan anggota tubuh seperti tepuk
tangan, jentik jari, dan hentakan kaki.
Selanjutnya, klik link di bawah ini!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Pk0ep96I9Jc
Kalian peragakan cara bernyanyi
tersebut diiringi dengan gerakan anggota tubuh seperti tepuk tangan, jentik
jari, dan hentakan kaki.
Kemudian minta tolong
kepadaAyah/Bunda untuk memvideokanmu saat memeragakannya dan mengirimkannya kepada
Bapak/Ibu guru.
Anak-anak apakah kamu masih
ingat dengan pecahan? Bagus!
Pecahan adalah bagian dari keseluruhan. Lambang pecahan ditulis dengan pembilang per penyebut. Nah, supaya lebih jelas lagi mengenai pecahan, simak video berikut ya!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kpQhFBP9hzM
Nah sekarang, amati soal
latihan dan kerjakan soal-soal tersebut untuk mengetahui pemahamanmu! (Terlampir).
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu
guru.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, Jangan lupa untukmembaca materi untuk pembelajaran selanjutnyapada tautan di bawah ini.
Jangan lupa ucapkan terimakasih
kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar.
Terima kasih, sampai jumpa
besok!
#salamsehat
#PHBS
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar