Rabu, 20 Oktober 2021

IKLAN MEDIA CETAK (Materi Pembelajaran, Jum'at 22 Oktober 2022)

 IKLAN MEDIA CETAK

Iklan memiliki fungsi untuk mempromosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut. Kalimat yang menarik dan mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan. Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu iklan.

Berdasarkan media penyebarannya, iklan terbagi menjadi dua jenis, yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan dijelaskan mengenai iklan media cetak yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis, dan contohnya. Iklan media cetak adalah iklan yang disampaikan atau dikampanyekan melalui media percetakan. Iklan ini paling sering ditemukan di halaman koran.

Ciri – Ciri Iklan Media Cetak

Meskipun terdapat berbagai macam jenis iklan, iklan yang banyak dijumpai pada koran ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan iklan lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-cirinya, diantaranya yaitu:

1. Cenderung ditulis menggunakan bahasa formal

2. Pemasangannya dibatasi oleh kolom dan baris

3. Kalimat iklan dapat dibuat panjang dan rinci

4. Bisa berbentuk tulisan saja, bisa juga gabungan tulisan dan gambar

5. Disebarkan melalui media cetak

6. Hanya bisa ditangkap melalui pengelihatan saja


Jenis – Jenis Iklan Media Cetak


Iklan yang dipublikasikan melalui media tertulis berbentuk nyata ini secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Iklan Baris, adalah jenis iklan yang terdiri atas beberapa baris saja (biasanya 2 sampai4 baris). Iklan ini biasanya diletakkan dalam satu halaman bersama dengan iklan baris lainnya yang dikelompokan berdasarakan sub-sub kategori periklanan. Biaya pemasangan iklan ini tergolong paling murah dibanding iklan lainnya.
  2. Iklan Kolom, adalah jenis iklan yang dibuat di dalam kolom. Iklan ini dapat dikatakan lebih kompleks dari iklan baris, karena biasanya selalu dilengkapi dengan gambar ilustrasi pendukung materi iklan. Oleh sebab itulah iklan ini sering disebut juga dengan iklan display. Untuk biaya pemasangannya, tentu saja lebih mahal daripada iklan baris.


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar