SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 4 (Sehat Itu Penting)
Sub Tema : 2 (Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Selasa, 19 Oktober 2021
Kompetensi Dasar
IPA
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran manusia
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia
Matematika
3.3 Menjelaskan skala melalui denah
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menyebutkan organ peredaran darah manusia dengan benar serta dapat menyelesaikan masalah tentang jarak pada peta dengan benar
Kegiatan 1
Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan bersemangat.
Ananda memulai kegiatan belajar hari ini dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dulu, ya!
Apakah kalian suka naik sepeda? Ternyata naik sepeda juga merupakan kegiatan olahraga loh. Bersepeda termasuk olahraga yang mendukung kebugaran dan dapat membantu melancarkan peredaran darah. dengan menggerakan tubuh saat bersepeda aliran darah dalam tubuh kita menjadi lancar. aliran darah yang lancar menandakan sistem peredaran darah kita dalam keadaan sehat.
Ananda tentunya sudah membaca tentang organ peredaran darah pada link yang telah dikirimkan kemarin. Darah sangat penting peranannya bagi manusia. Peranan darah antara lain mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju paru-paru. Dalam tubuh manusia, darah mengalir melalui organ-organ peredaran darah. Sistem peredaran darah memiliki peran yang penting bagi tubuh manusia. Organ–organ peredaran darah saling bekerja sama sehingga membentuk sistem peredaran darah. Untuk lebih jelasnya kita tonton yuk video berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/hECT891W6oY
Selanjutnya tugas Ananda adalah perhatikan gambar organ peredaran darah manusia yang terdapat pada lampiran, kemudian isilah titik-titik pada gambar dengan nama-nama organ peredaran darah manusia! Kerjakan pada buku tugasI Setelah selesai kirim hasil pekerjaan berupa foto dan mengunggah pada WAG kelas atau classroom!
Kegiatan 2
Terimakasih Ananda telah mengirimkan tugas pertamanya, kalian memang hebat!
Pada pembelajaran kemarin kita sudah mempelajari tentang skala pada denah. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang rumus menentukan jarak pada peta atau denah. Jarak pada peta adalah jarak antara satu wilayah ke wilayah lain yang ada pada peta mewakili jarak sebenarnya di atas permukaan bumi. Jarak pada peta ini biasanya menggunakan satuan cm. Mencari jarak pada denah atau peta dapat dirumuskan sebagai berikut.
Sebelum kita berlatih soal tentang menentukan jarak pada denah/peta, yuk, kita lihat penjelasannya pada video berikut.
Sumber : https://youtu.be/pCptUctJOe4
Tugas Ananda adalah mengerjakan soal yang terdapat pada akhir video. Kerjakan soal latihannya dengan teliti ya dalam menghitungnya. Kalian boleh minta bantuan Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah kalian dengan meminta untuk membimbing dan mengawasi kalian dalam mengerjakan latihan soal
Setelah selesai kirim tugas dalam bentuk foto lalu kirim ke WAG kelas ataupun classroom!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi hari kamis yaitu
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Lampiran
Organ peredaran darah
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar