Minggu, 24 Oktober 2021

RPP Kelas 6, Senin 25 Oktober 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas             : 6

Tema             : 5. Wirausaha

Sub Tema      : 1. Kerja Keras Berbuah Kesuksesan

Semester       : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

Matematika 

3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut,dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok. 

4.4 Mengidentifikasi bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut,dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.


Ilmu Pengetahuan Sosial 

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. 

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menjelaskan unsur-unsur bangun ruang kubus, balok, dan prisma segitiga; menjelaskan peran Indonesia dan kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi.



Kegiatan 1

Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat. Ananda yang hebat, Apakah Kalian pernah mengamati bentuk dari kardus kemasan air minum, lemari es, atau mainan rubik? Apakah ada kesamaan dari ketiga benda tersebut? Ya betul. Ketiga benda tersebut merupakan benda-benda yang mempunyai bentuk tiga dimensi atau dalam matematika biasa disebut bangun ruang. Bangun ruang merupakan bangun tiga dimensi yang memiliki ruang /volume / isi dan juga sisi-sisi yang membatasinya. Ada macam-macam bangun ruang , yaitu: kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola. Setiap bangun ruang mempunyai unsur atau ciri-ciri yang berbeda. Bagaimanakah unsur-unsur bangun ruang kubus, balok, dan prisma segitiga? Untuk mendalami hal tersebut, silakan Ananda simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.


Sumber : https://youtu.be/U5KvvCsttzk

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan? Ananda yang hebat, belajar matematika tidak sulit asalkan Ananda rajin berlatih dan mengulang pelajaran. Sebagai evaluasi, silakan Ananda Kerjakan soal-soal yang ada pada bagian akhir video tersebut. Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu guru. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.


Kegiatan 2

Ananda yang cerdas, Apakah Ananda tahu negara mana yang pernah hancur karena perang, namun kini telah menjadi negara maju teknologinya dan ekonominya? Ya, betul negara Jepang. Jepang adalah salah satu negara yang pernah di bom atom oleh Amerika Serikat , sehingga hancur kota dan ekonomi negara Jepang. Namun kini Jepang telah bangkit kembali menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia. Keberhasilan Jepang karena kerja keras rakyat dan juga negaranya yang pantang menyerah menerima nasib setelah kalah perang. Indonesia saat ini juga telah menjadi negara yang penting di ASEAN. Di dalam lingkup ASEAN Indonesia berperan dalam semua kerjasama ASEAN khususnya kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi. Bagaimanakah peran Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi di ASEAN? Untuk mendalami hal tersebut silakan Ananda simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Wj3g0XiAJUo

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan? Sebagai bahan evaluasi, Jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Jelaskan kerjasama dalam bidang ekonomi di ASEAN!

2. Jelaskan peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi di ASEAN!

3. Apakah peran Indonesia melakukan pertukaran barang bisa menguntungkan bagi Indonesia? Jelaskan alasanmu!

4. Apakah dengan kerja keras semua rakyat, bisa membuat Indonesia menjadi negara yang maju teknologi dan ekonominya? Jelaskan alasanmu!

Kerjakan dengan tekun dan bersungguh-sungguh ya. Bila sudah selesai kirim kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Namun, hari Selasa nanti, kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu tentang macam-macam reklame. Silakan Ananda pelajari terlebih dahulu pada link berikut.


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=6VxhOdtC17o

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, Wassalamu alaikum, wr,wb


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar