Rabu, 13 Oktober 2021

Iklan Media Cetak

Iklan Media Cetak

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk jadi, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat.

Media Cetak adalah sebuah media penyampai informasi yang memiliki manfaat dan terkait dengan kepentingan rakyat banyak, yang disampaikan secara tertulis.

contohnya :

koran

majalah

tabloid

brosur

pamflet

poster bultetin

ebook

surat kabar mingguan

majalah mingguan

Apa Itu Iklan Media Cetak?

Iklan media cetak adalah salah satu bentuk iklan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan media cetak, seperti koran, tabloid, majalah, brosur dan sejenisnya. Intinya, jika iklan itu berada di media yang melalui proses percetakan itu adalah iklan media cetak.

ANATOMI NASKAH IKLAN MEDIA CETAK

Iklan cetak umumnya memiliki unsur-unsur utama yang menggunakan istilah-istilah sebagai berikut :

Headline atau judul (yang tentu harus ada kaitannya dengan bodycopy-nya)

Visual, Illustrasi, gambar atau foto orang (model) atau apa pun yang berkaitan dengan konsep kreatif dan/ atau foto produk itu sendiri.

Bodycopy, atau teks yang memberikan informasi yang lebih rinci tentang produk atau jasa yang dijual.

Product Shot atau foto produk (yang sekaligus bisa menampilkan nama merk). Product Shot ini bisa saja merupakan main visual atau illustrasi utama.

Baseline yang biasanya terletak paling bawah di layout iklan. Di bagian ini bisa dimasukkan tagline, slogan, catch phrase, atau nama dan alamat perusahaan pengiklan

Kupon yaitu pengiklan menginginkan response langsung dari sasaran atau untuk kepentingan survey konsumen dengan pencantuman kode tertentu.


0 comments:

Posting Komentar