SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 1 (Satu)
Tema : 5. Wirausaha
Sub Tema : 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.).
4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
3.1 Memahami reklame
4.1 Membuat reklame
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis formulir; mengidentifikasi jenis-jenis reklame dengan benar dan percaya diri
Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.
Ananda yang hebat, pada saat Ananda mendaftar sekolah atau mendaftar sebagai peserta lomba, pasti Ananda pernah mengisi formulir. Apa yang dimaksud dengan formulir? Formulir dapat diartikan sebagai secarik kertas atau media lain yang dapat digunakan untuk menuliskan informasi sebagai dasar pencatatan transaksi, baik dalam hal aktivitas ekonomi maupun suatu organisasi.
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) formulir adalah lembar atau surat isian yang dapat diisi dan harus diserahkan pada bagian pendaftaran. Formulir terdiri dari empat bagian, yaitu kepala (heading), instruksi, badan dan penutup. Di manakah letak bagian-bagian tersebut? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=fGVi2fZl16k&t=8s
Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tadi? Semoga setelah menyaksikan video, Ananda lebih memahami tentang formulir, bagian-bagian formulir dan jenis-jenisnya.
Sebagai evaluasi, Kerjakanlah soal Latihan yang terdapat pada bagian akhir video pembelajaran.
Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu guru. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Kegiatan 2
Ananda yang hebat, tahukah Ananda tentang wirausahawan? Wirausahawan adalah pelaku yang menjalankan kegiatan wirausaha atau bisnis secara mandiri. Saat ini, banyak sekali ajakan untuk melakukan wirausaha, salah satu pemicunya adalah mulai tingginya tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan.
Dengan banyaknya wirausahawan yang bermunculan, menyebabkan tingginya persaingan. Oleh karena itu, wirausahawan harus memiliki ide kreatif dan inovatif agar dapat menarik dan memperkenalkan produknya secara luas kepada pelanggan, salah satunya dengan membuat reklame.
Ada banyak jenis reklame yang dapat digunakan sebagai alat promosi, antara lain iklan, brosur, baliho, spanduk dan masih banyak lagi. Wirausahawan harus mengetahui ciri-ciri setiap jenis reklame tersebut agar sesuai dengan produk yang dipasarkan. Apa saja ciri-ciri setiap jenis reklame tersebut? Untuk mendalaminya, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ExEEIOMI_jU
Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan? Sebagai bahan evaluasi, kerjakan soal pada link berikut:
https://forms.gle/hWH75es4T5Z8U1tJA
Kerjakan dengan tekun dan bersungguh-sungguh ya. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Namun, hari Rabu besok, kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu "Sikap Berwirausaha". Silakan Ananda pelajari terlebih dahulu pada link berikut :
Sumber : https://youtu.be/ZQf6ySWPA0w
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, Wassalamu’alaikum, wr,wb.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar