SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 1 (Satu)
Tema : 3. Kegiatanku
Sub Tema : 4 (Kegiatan Malam Hari)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Jumat, 22 Oktober 2021
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah
4.2 Menuliskan cerita tentang kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah
Matematika
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 20 dalam kehidupan sehari-hari dengan cara membilang
4.3 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 20.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menceritakan kegiatan malam hari di rumah tentang merawat tubuh; dan menyelesaikan masalah tentang pengurangan benda dengan benar dan percaya diri.
Kegiatan 1
Malam hari adalah waktu yang menyenangkan.
Waktu yang bisa dimanfaatkan bersama dengan anggota keluarga.
Masih tentang kegiatan malam hari.
Kita sudah belajar banyak mengenai kegiatan malam hari yang sangat bermanfaat.
Kali ini kita bisa belajar dari cerita Lani dan
keluarganya.
Anak-anak simak, ya!
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=2HSEKWXgpwo&t=8s
Nah, anak-anak sudah menyimak cerita Lani.
Sekarang anak-anak ceritakan kegiatan di malam hari dalam hal merawat tubuh, sertakan alasannya ya, kenapa kita harus melakukan itu. Dilengkapi dengan gambar lebih bagus loh!
Anak-anak boleh mengirim voicenote, video, atau tulis di buku tulis, ya.
Contoh:
Sebelum tidur Lani menggosok gigi supaya :
1. Sisa makanan tidak menempel di sela-sela gigi
2. Gigi Lani tetap sehat dan tidak berlubang
3. Gigi menjadi putih dan bersih
4. Mulut tidak bau
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak-anak, pada cerita Lani tadi anak-anak sudah belajar tentang pengurangan benda.
Nah, sekarang anak-anak coba kerjakan soal cerita tentang pengurangan berikut, ya!
Contoh :
Ibu membeli 10 buah jambu. Diberikan kepada Dayu 3 buah.
Berapa sisa buah jambu ibu?
Jawab:
10 – 3 = 7
Jadi, sisa buah jambu ibu ada 7 buah.
1. Lani memiliki 12 buah apel. Diberikan 6 buah kepada Udin. Berapa sisa buah apel Lani?
2. Ibu meletakkan 15 kue di piring. Kue itu dimakan ayah dan Lani sebanyak 4 kue. Berapa
sisa kue yang di piring?
Tulis di buku tulis kalian ya, nak!
Selamat mengerjakan anak-anak!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “perkenalan diri anggota keluarga dan simbol sila Pancasila”. Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Lampiran materi berikutnya (Senin, 25 Oktober 2021)
0 comments:
Posting Komentar