SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : IV
Tema : 5. Pahlawanku
Sub Tema : 1. Perjuangan Para Pahlawan
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
PPKn
1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2 Menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan percaya diri.
Kegiatan 1
Anak-anak hebat, kamu sudah belajar tentangperjuangan Raja Purnawarman.Menurutmu, apakah sikap Raja Purnawarmanmencerminkan nilai-nilaiPancasila?Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang hubungan simbol dan makna sila keempat Pancasila. Kita simak video berikut ini yuk!
Sumber : https://youtu.be/KUt-x25azNU
Kamu
telah mempelajari hubungan simbol dan makna sila keempat Pancasila.
Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.Apa simbol sila keempat?Amatilah simbol sila keempat berikut!
2.Tulislah
makna dari simbol tersebut!
3.Bagaimana
hubungan makna sila keempat dengan simbolnya?
4.Berilah
contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila
keempatPancasila!
5.Bacalah ilustrasi berikut!
Siswa kelas IV sedang melakukan pemilihan ketua kelas. Calonnya ada dua, yaitu Edo danDanu. Hasil perolehan suara menunjukkan bahwa Edo mendapatkan suara tertinggi dibandingkan dengan Danu. Namun, Danu tidak setuju dan marah karena dirinya tidak menjadi ketua kelas.
a)Apakah
kegiatan pemilihan ketua kelas tersebut telah menerapkan pengamalan sila
keempat Pancasila? Jelaskan!
b)Bagaimana
sebaiknya sikap Danu terhadap hasil pemilihan?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2
Anak-anak
hebat, semangat perjuanganpara pahlawanjuga terlihat pada lagu “Maju Tak
Gentar”. Nah, ketika bernyanyi, tentunya kita harus memperhatikan tinggi
rendahnyanada!
Nada dapat diartikan sebagai bunyi teratur. Nada memiliki tingkatan bunyi rendah maupun tinggi. Nada dapat ditulis dalam notasi balok. Di dalam notasi balok, tiap nada disimbolkan dengan bulatan hitam beserta tiang. Ayo ingat kembali notasi balok dan angka berikut!
Tinggi
rendahnya nada dalam notasibalok sesuai dengan letak bulatan hitam tersebut di
garis paranada. Semakin tinggi letak bulatan hitam, maka semakin tinggi pula
suatu nada dan sebaliknya.
Nah,
sekarang kita berlatih menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” yuk! Bagaimana cara
menyanyikannya? Simak video berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/SeAswFAkdDE
Kamu
bisa mempelajari tinggi rendah nadanya dengan membaca partitur lagunya pada
buku Tema 5 halaman 14! Berlatihlah hingga kamu dapat menyanyikannya dengan
benar! Selanjutnya rekam dalam bentuk video/voicenote dan kirimkan kepada
bapak/ibu guru ya!
Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentangpembulatan pengukuran panjang dan cakram warna. Berikut link materinya:
Sumber : https://youtu.be/qXVKiaMpZxs
Pelajari
dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar