Senin, 25 Oktober 2021

RPP Kelas 4, Selasa 26 Oktober 2021

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas                : IV

Tema                : 5. Pahlawanku

Sub Tema         : 1. Perjuangan Para Pahlawan

Semester           : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Kompetensi Dasar

PPKn 

1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 

2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila 

3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila 

4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.


SBdP 

3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada 

4.2 Menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada


Tujuan Pembelajaran

Melalui tayangan video, peserta didik dapat menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan percaya diri.


Kegiatan 1

Anak-anak hebat, kamu sudah belajar tentangperjuangan Raja Purnawarman.Menurutmu, apakah sikap Raja Purnawarmanmencerminkan nilai-nilaiPancasila?Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang hubungan simbol dan makna sila keempat Pancasila. Kita simak video berikut ini yuk!


Sumber : https://youtu.be/KUt-x25azNU

Kamu telah mempelajari hubungan simbol dan makna sila keempat Pancasila. Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.Apa simbol sila keempat?Amatilah simbol sila keempat berikut!


2.Tulislah makna dari simbol tersebut!

3.Bagaimana hubungan makna sila keempat dengan simbolnya?

4.Berilah contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila keempatPancasila!

5.Bacalah ilustrasi berikut!

Siswa kelas IV sedang melakukan pemilihan ketua kelas. Calonnya ada dua, yaitu Edo danDanu. Hasil perolehan suara menunjukkan bahwa Edo mendapatkan suara tertinggi dibandingkan dengan Danu. Namun, Danu tidak setuju dan marah karena dirinya tidak menjadi ketua kelas.

a)Apakah kegiatan pemilihan ketua kelas tersebut telah menerapkan pengamalan sila keempat Pancasila? Jelaskan!

b)Bagaimana sebaiknya sikap Danu terhadap hasil pemilihan?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!


Kegiatan 2

Anak-anak hebat, semangat perjuanganpara pahlawanjuga terlihat pada lagu “Maju Tak Gentar”. Nah, ketika bernyanyi, tentunya kita harus memperhatikan tinggi rendahnyanada!

Nada dapat diartikan sebagai bunyi teratur. Nada memiliki tingkatan bunyi rendah maupun tinggi. Nada dapat ditulis dalam notasi balok. Di dalam notasi balok, tiap nada disimbolkan dengan bulatan hitam beserta tiang. Ayo ingat kembali notasi balok dan angka berikut!


Tinggi rendahnya nada dalam notasibalok sesuai dengan letak bulatan hitam tersebut di garis paranada. Semakin tinggi letak bulatan hitam, maka semakin tinggi pula suatu nada dan sebaliknya.

Nah, sekarang kita berlatih menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” yuk! Bagaimana cara menyanyikannya? Simak video berikut ini!


Sumber : https://youtu.be/SeAswFAkdDE

Kamu bisa mempelajari tinggi rendah nadanya dengan membaca partitur lagunya pada buku Tema 5 halaman 14! Berlatihlah hingga kamu dapat menyanyikannya dengan benar! Selanjutnya rekam dalam bentuk video/voicenote dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!

Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentangpembulatan pengukuran panjang dan cakram warna. Berikut link materinya:


Sumber : https://youtu.be/qXVKiaMpZxs

Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 comments:

Posting Komentar