Selasa, 12 Oktober 2021

RPP Kelas 4, Rabu 13 Oktober 2021


Tujuan Pembelajaran

Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi unsur-unsur yang terdapat pada cerita fiksi dengan kreatif. Melalui pengamatan, peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam dengan tepat untuk menjaga kelestariannya dengan penuh tanggung jawab.


Kegiatan 1

Anak-anakhebat, mendengarkan dongeng sangatmenyenangkan. Indonesia kaya akan dongeng. Banyak diantaranya yang didongengkan. Adakah pendongeng disekitarmu?

Setiap cerita fiksi memiliki unsur-unsur di dalamnya. Kali ini kita akan mempelajari unsur-unsur yang terdapat dalam cerita. Kita simak tayangan berikut ini yuk!



Sumber : https://youtu.be/tILHabonSus

Nah Anak-anak hebat, berdasarkan cerita Tupai dan Ikan Gabus yang terdapat pada video tersebut,temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut!


Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut?


Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?


Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!



Kegiatan 2

Kayu merupakan sumber daya alam hasil hutan yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.  Salah satuhutan di Indonesia yang sering diambil pohonnya adalah hutan di Kalimantan. Dahulu hutan Kalimantan sangat lebat dan merupakan paru-paru dunia(penghasil oksigen). Akan tetapi, kini pohon-pohonnya semakin berkurang.Sering sekali karena kebakaran hutan.

Perhatikan kenampakan hutan di Kalimantan pada gambar di bawah ini! Warna hijau menunjukkan adanya pohon dan warna putih menunjukkan hutan yang gundul.


Menurutmu bagaimana perkembangan pohon yang ada di hutan Kalimantan dari tahun ke tahun?


Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.Bandingkan kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010!

2.Menurutmu, mengapa kenampakanhutan pada tahun 1950 dan 2010sangat berbeda?

3.Bagaimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?

4.Apa yang akan terjadi jika pohon di hutan semakin berkurang?

5.Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?


Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang Penerapan Sila Ketiga dan Soal Cerita FPB, berikutlink materinya:



Sumber : https://youtu.be/_cShhHJugpE

Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


0 comments:

Posting Komentar