SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (enam)
Tema : 4. Globalisasi
Sub Tema : 3. Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
PB : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
4.3 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
3.1 Memahami reklame.
4.1 Membuat reklame.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat melengkapi teks rumpang dengan tepat; dan Membuat brosur dengan benar.
Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.
Ananda yang hebat, pastinya Ananda sudah mengetahui bahwa dalam Bahasa Indonesia, ada banyak jenis kalimat. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk ragam dalam bahasa persatuan kita yang harus dipelajari agar selalu terjaga kelestariannya, terutama pada era globalisasi seperti saat ini.
Salah satu jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia adalah kalimat rumpang. Kalimat rumpang adalah kalimat yang memiliki kekosongan di dalamnya sehingga tidak memenuhi kalimat standar. Hal ini bertujuan untuk mengetes, melatih, menguji dan menilai keahlian pembaca dalam mengenali dan menyempurnakan kalimat.
Kalimat rumpang dapat ditemukan pada berbagai jenis teks, termasuk teks eksplanasi. Biasanya teks yang terdapat kalimat rumpang di dalamnya disebut dengan teks rumpang. Ada beberapa Langkah yang dapat mempermudah Ananda dalam melengkapi teks rumpang. Apa saja langkah-langkah tersebut? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=OUlzuBrd84o
Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tadi? Semoga setelah menyaksikan video, Ananda lebih memahami Langkah-langkah dalam melengkapi teks rumpang.
Sebagai evaluasi, Kerjakanlah soal Latihan yang terdapat pada bagian akhir video pembelajaran.
Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu guru.
Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Kegiatan 2
Ananda yang hebat, masih ingatkah Ananda mengenai tujuan brosur? Iya, tepat sekali! Brosur bertujuan untuk menginformasikan, mengedukasi, membujuk dan juga mempengaruhi seseorang ataupun pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat penting dalam pembuatan brosur. Agar pelanggan atau pembaca dapat mudah memahami isi brosur sehingga tertarik dengan produk atau pesan yang disampaikan.
Bagaimana cara membuat brosur yang menarik agar pembaca tertarik? Untuk mendalami hal tersebut, silakan Ananda simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.
Sumber : https://youtu.be/6VxhOdtC17o
Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Ananda tentunya sudah lebih memahami tentang cara membuat brosur yang menarik dan benar. Sebagai evaluasi, Kerjakanlah tugas yang terdapat pada bagian akhir video pembelajaran.
Kerjakan dengan tekun dan bersungguh-sungguh ya. Jangan lupa gunakan kalimat ajakan dan warna yang mencolok agar lebih menarik. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Namun, hari Jumat besok, kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu "Keberagaman Wirausaha Masyarakat". Silakan Ananda pelajari terlebih dahulu pada link berikut :
Sumber : https://youtu.be/LhuZfLNJSUw
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih,
Wassalamu’alaikum, wr,wb.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar