Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kelipatan persekutian terkecil dengan teliti. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menggambar bentuk benda tiga dimensi dengan penuh kreativitas.
Kegiatan 1
Anak-anak hebat, dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita menemukan permasalahan yang berkaitan dengan matematika. Salah satunya yang berhubungan dengan kelipatan persekutuan terkecil. Nah, untuk itu sekarang kita akan mempelajari soal cerita tentang KPK melalui tayangan berikut ini. Kita simak bersama yuk!
Sumber : https://youtu.be/jJZ0IIFcNnA
Bapak/ibu guru yakin kalian mampu menyelesaikan soal cerita seperti yang dicontohkan tadi! Selanjutnya sebagai latihan, kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1.Udin menabung setiap 4 hari dan Beni menabung setiap 6 hari. Jika mereka menabung bersama 4 Oktober 2021. Pada tanggal berapa mereka menabung bersama-sama untuk yang kedua kalinya?
2.Siti pergi ke perpustakaan setiap 6 hari, Dayu pergi ke perpustakaan setiap 8 hari. Jika mereka pergi ke perpustakaan bersama pada 5 April 2021, kapan mereka kembali ke perpustakaan bersama?
3.Edo membeli kelereng setiap 18 hari. Udin membeli kelerang setiap 24 hari sekali. Jika mereka membeli bersama-sama untuk pertama kalinya, setiap berapa hari mereka akan membeli kelereng bersama?
4.Lampu A menyala setiap 20 menit sekali. Lampu B menyala setiap 15 menit sekali. Berapa menit sekali lampu tersebut menyala bersama-sama?
5.Lani berenang setiap 5 hari sekali, Dayu berenang setiap 7 hari sekali. Mereka berenang bersama tanggal 25 September 2021. Kapan Lani dan Dayu berenang bersama-sama lagi?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2
Perhatikanlah benda-benda yang ada di sekitarmu, misalnya: kursi, meja, lemari, gelas, tanaman, atau benda-benda lainnya. Jika kalian amati, benda-benda tersebut memiliki bentuk tiga dimensi.
Apa yang dimaksud dengan gambar bentuk tiga dimensi? Ya, gambar bentuk benda tiga dimensi adalah gambar yang dibuat seolah-olah memiliki tiga dimensi yaitu panjang, lebar dan tinggi. Ayo kita pelajari lebih lanjut dengan menyimak penjelasan berikut ini!
Sumber : https://youtu.be/OKkEMBDH-CE
Kamu telah menganal bentuk-bentuk benda tiga dimensi. Catatlah informasi penting pada tayangan tersebut untuk kalian pelajari kembali ya!
Nah, sekarang amatilah benda-benda yang ada di sekitarmu, gambarlah masing-masing benda kubistis, benda silindris, dan benda bebas yang ada di sekitarmu tersebut! Buatlah gambar sebaik mungkin, sesuai kreasimu. Warnai juga gambar yang kamu buat agar semakin bagus!
Kerjakanlah pada buku/kertas gambarmu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang pesan moral pada teks fiksi dan pelestarian tanaman, berikut link materinya:
Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 comments:
Posting Komentar